Sukses

Apple Bakal Garap MacBook dari iPhone dan iPad?

Dalam paten yang diajukan, Apple memiliki konsep aksesoris yang dapat mengubah iPhone atau iPad menjadi MacBook

Liputan6.com, California - Apple dilaporkan memiliki rencana untuk mengembangkan sebuah laptop portabel yang dipersenjatai iPad atau iPhone. Informasi ini diketahui dari paten yang diajukan perusahaan asal Cupertino itu ke regulator Amerika Serikat.

Dikutip dari Engadget, Minggu (26/3/2017), ada dua paten yang diajukan Apple dan dapat dianggap sebagai aksesoris elektronik. Jadi, aksesoris ini dapat mengubah iPad atau iPhone menjadi perangkat berlayar lebar semacam MacBook.

Paten yang diajukan Apple untuk mengubah iPad menjadi MacBook (sumber: engadget.com)

Model pertama menyediakan slot yang ditujukan untuk iPhone sekaligus menjalankan laptop tersebut. iPhone yang ditambatkan juga dapat berfungsi sebagai trackpad untuk menavigasikan laptop tersebut. Sementara model lain menyediakan slot yang dapat dipakai untuk iPad.

Apple juga disebut-sebut berencana menyertakan baterai dan GPU tambahan untuk meningkatkan kemampuan iPhone atau iPad yang disematkan pada aksesoris. Namun mengingat informasi ini berasal dari pengajuan paten, ada kemungkinan Apple tak benar-benar mewujudkannya dalam produk. 

Kendati demikian, langkah ini disebut-sebut bisa menjadi salah satu cara Apple untuk bersaing dengan pabrikan lain. Terlebih, pabrikan yang meluncurkan perangkat dengan konsep hybrid, yakni laptop yang sekaligus dapat berfungsi sebagai tablet.

Hal itu beralasan sebab Apple memastikan tak ada rencana untuk menghadirkan produk hybrid. Menurut SVP of Worldwide Marketing Apple Phil Schiller, ide menghadirkan MacBook berlayar sentuh memang sempat terpikirkan, tapi hal itu tak pernah dilakukan.

"Kami sebenarnya memilliki ide itu sejak beberapa tahun lalu, dan sampai pada kesimpulan untuk membuat komputer terbaik, kau tak perlu mengubah MacOS menjadi iPhone.

Ia juga menyebut masing-masing perangkat, baik iOS dan MacOS, merupakan produk terbaik sesuai dengan fungsinya. Karenanya, masing-masing tak perlu secara fundamental berubah tanpa perlu menambah fitur lain.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini