Sukses

Pusat Riset Pertama Apple di Indonesia Berlokasi di BSD Tangerang

Pusat riset pertama Apple di Indonesia akan berlokasi di kawasan BSD Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Apple diketahui akan membangun 3 pusat riset atau pusat inovasi di Indonesia dalam periode tiga tahun investasi. Pembangunan ini menjadi bentuk komitmen Apple di Indonesia.

Selama ini banyak yang mempertanyakan di mana raksasa teknologi itu bakal membangun pusat inovasinya di Tanah Air. Hal ini terjawab sudah lewat pertemuan perwakilan Apple dan Kementerian Perindustrian di Kantor Kemenperin, Jakarta.

Dikemukakan Staf Ahli Menteri Perindustrian Sanny Iskandar, pusat inovasi Apple pertama akan berlokasi di Green Office Park Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan.

"Realisasinya diperkirakan pada akhir kuartal kedua 2016," kata Sanny kepada wartawan usai bertemu dengan perwakilan Apple, Kamis (30/3/2017).

Apple membangun pusat inovasi di Indonesia guna memenuhi Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 Tahun 2016 tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan menjual iPhone secara resmi di Indonesia.

Perusahaan pembesut iPhone itu diberi waktu hingga tiga tahun untuk menyelesaikan komitmen investasinya sebesar US$ 48 juta di Tanah Air. Peluncuran iPhone 7 di Indonesia yang akan dilakukan pada pekan ini menandakan Indonesia telah menjadi salah satu pasar penting bagi Apple. 

Sanny melanjutkan lokasi pusat inovasi di Green Office Park BSD itu masih bersifat sewa sementara. Menurutnya, saat ini Apple masih menunggu proyek Digital Hub BSD di kawasan BSD rampung sehingga mereka bisa membangun sendiri pusat inovasi di sana.

"Penetapan lokasi di Green Office Park sudah, tinggal fitting out dan segala macam, alasan memilih BSD, karena di tempat itu juga akan dibangun Digital Hub seluas 25 hektar. Semacam Sillicon Valley di Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, selain di BSD, rencananya Apple juga bakal membangun pusat inovasi di dua tempat lainnya di Indonesia. Menkominfo Rudiantara sebelumnya juga memberi saran agar Apple tak Jawa sentris dalam membangun pusat inovasi. Menkominfo menyarankan agar Apple membangun satu pusat inovasi di Sumatera Utara.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini