Sukses

Tips Selamatkan Data di Smartphone dengan Layar Rusak

Berikut ini ada tiga langkah untuk menyelamatkan data ketika layar smartphone sampai tak bisa lagi digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Semua pengguna smartphone pasti tak menginginkan perangkatnya rusak. Namun terkadang kerusakan itu dapat terjadi tanpa diduga.

Salah satu kerusakan yang cukup membuat pusing adalah ketika layar smartphone sampai tak bisa lagi digunakan, sebab hampir dapat dipastikan akan sangat sulit mengoperasikannya termasuk memindahkan data di dalamnya. 

Untuk itu, mengutip informasi dari Android Pit, Sabtu (22/4/2017), berikut tiga cara untuk memindahkan data di smartphone dengan layar bermasalah ke perangkat lain, seperti komputer.  

1. Mendapatkan data saat layar rusak

Apabila layar smartphone-mu pecah tapi masih menyala, kamu dapat memanfaatkan USB OTG untuk memindahkan data. Cara ini akan sangat membantu terutama saat kamu menggunakan PIN, password, atau pola untuk mengunci smartphone.

Caranya, kamu cukup menghubungkan mouse ke smartphone melalui USB OTG menggunakan konektor. Setelah berhasil terhubung, kamu dapat memanfaatkan mouse untuk membuka kunci smartphone.

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan smartphone ke komputer atau PC untuk memindahkan data. Kamu juga bisa memanfaatkan card reader di komputer untuk memindahkan data lain yang mungkin masih tersimpan di microSD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pindahkan Data Saat Layar Mati hingga Layanan Purna Jual

2. Memindahkan data saat layar mati

Data di smartphone berlayar rusak pun dapat dipindahkan dengan mudah. (Doc: Staples)

Kondisi lain yang mungkin terjadi adalah layar smartphone mati total dan tak dapat digunakan. Untuk memindahkan data dari perangkat, diperlukan program VNC (Virtual Network Computing) untuk mengakses smartphone dari komputer.

Namun sebelumnya, pastikan aplikasi yang sama sudah terpasang diperangkat dan di komputer kamu. Untuk informasi, sebenarnya adalah sejumlah aplikasi yang tersedia di Play Store untuk memungkinkan cara ini dilakukan.

Salah satunya memanfaatkan AirDroid. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara menggunakan aplikasi besutan Sand Studio tersebut, dapat melihatnya di tautan berikut ini.

3. Hubungi layanan purna jual

Apabila seluruh cara tersebut tak berhasil, solusi lain yang dapat dilakukan adalah menghubungi layanan purna jual. Melalui layanan purna jual resmi, kemungkinan kamu masih mendapatkan data secara lebih utuh di perangkat yang rusak berat.

Kendati demikian, perlu diingat dengan solusi terakhir ini tentu dibutuhkan biaya untuk melakukannya. Namun dalam beberapa kondisi, kamu masih bisa meminta bantuan layanan purna jual dengan memanfaatkan garansi yang masih berlaku.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini