Sukses

Jokowi Pemimpin Dunia Ke-5 dengan Follower Terbanyak di Instagram

Jokowi berada di posisi kelima daftar pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo yang dikenal aktif di media sosial ternyata memiliki pengaruh signifikan, terutama di Instagram. Menurut studi terbaru dari Burson-Marsteller, akun Instagram @Jokowi memperoleh pertumbuhan pesat sebesar 673 persen pengikut dalam 12 bulan terakhir.

Dalam studi bertajuk "World Leaders on Instagram" dari Burson-Marsteller mengungkap pada 18 April 2017, akun tersebut telah memiliki 3,7 juta pengikut. Jumlah itu menempatkan Jokowi dalam posisi kelima sebagai pemimpin dunia dengan follower terbanyak di Instagram.

Tak hanya itu, mantan walikota Solo itu menduduki posisi keempat sebagai pemimpin dunia palling interaktif dengan total 17.244.999 interaksi. Ia juga berada di peringkat ketujuh sebagai pemimpin dunia paling efektif di Instagram dengan interaksi sebesar 3,68 persen atau 59.058 interaksi per unggahan.

"Edisi kedua dari studi tentang 'Pemimpin Dunia di Instagram oleh Burson-Marsteller' menunjukkan popularitas dan efektivitas dari komunikasi visual pada sektor publik," ujar Don Baer, Worlwide Chair dan CEO Burson Marsteller dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com pada Kamis (21/4/2017).

Menurutnya, para pemimpin di seluruh dunia sedang menciptakan komunikasi online yang mampu menyampaikan konteks politis, termasuk membagi rasa kreativitas dan kepribadian. Karenanya, tindakan tersebut dapat dipelajari pemimpin di bidang bisnis dan sektor lain dalam memanfaatkan Instagram.

Pemimpin dunia, menurut Baer, menggunakan Instagram agar pesan mereka dapat tersampaikan dengan cara menarik dan kreatif, memanfaatkan fitur di media sosial tersebut. Para pemimpin itu juga kerap menciptakan kesan mengesankan di Instagram, termasuk memanfaatkan kolase gambar.

Daftar pemimpin dunia dengan jumlah follower Instagram terbanyak berdasarkan studi Burson-Marsteller (sumber: ist.)

Video juga menjadi salah satu konten yang menjadi pilihan para pemimpin tersebut. Studi mencatat ada satu video dari 10 unggahan. Selain itu, selfie juga telah mengambil alih kebiasaan prosesi jabat tangan dan menandakan lingkungan diplomatis baru di tahun ini.

Untuk informasi, posisi pertama pemimpin dunia dengan follower Instagram terbanyak diisi oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dengan 6,8 juta pengikut. Jumlah itu melampaui pengikut Presiden Amerika Serikat Donald J Trump yang memiliki 6,3 juta follower.

Sementara pemimpin dunia yang berada di posisi ketiga adalah Paus Fransiskus dengan 3,7 juta pengikut. Paus Fransiskus berada satu peringkat di atas akun White House yang memiliki 3,4 juta pengikut.

Studi ini dilakukan pada 73 Kepala Negara, 38 Kepala Pemerintah dan 28 Perdana Menteri memiliki laman pribadi di Instagram. Bahkan, beberapa peminpin dunia mengelola secara mandiri akun Instagram-nya dengan menugaskan fotografer resmi, atau tim media sosial mereka untuk mengelola akun tersebut.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.