Sukses

Ini Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Gunakan Ponsel di Toilet

Ahli medis mengungkap penggunaan ponsel di toilet akan berdampak buruk bagi pengguna. Apa saja dampak buruk tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Bila kamu membaca artikel ini via ponsel di toilet, berarti kamu berada di waktu dan tempat yang salah. Ahli medis mengungkap penggunaan ponsel di toilet akan berdampak buruk bagi pengguna. Apa saja dampak buruk tersebut?

Mengutip laman Sunshine Coast Daily, Selasa (25/4/2017), seorang ahli dari pusat Epidemiologi dan Kesehatan Umum Nasional menerangkan perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, dan laptop tidak disarankan untuk digunakan di toilet.

Ahli kesehatan bernama Dr. Martyn Kirk tersebut mengatakan, penggunaan barang elektronik itu semestinya di tempat yang sesuai, bukan di toilet. "Saya berpikir penggunaan barang-barang seperti itu di toilet sungguh menjijikkan," ujar Dr. Kirk.

Penggunaan ponsel di toilet, menurutnya, memiliki risiko kesehatan. Toilet adalah sebuah ruangan yang memiliki banyak media di mana bakteri bisa berpindah ke tangan manusia.

"Bakteri di toilet akan sangat mudah pindah ke tubuh manusia lewat media yang dipegang. Salah satunya ponsel dan beberapa perangkat genggam. Terlebih, jika orang tersebut tidak mencuci tangannya dengan bersih," tutur Dr. Kirk.

"Bakteri dan virus tersebut bisa berpindah ke tangan manusia. Parahnya, hal ini bisa menyebabkan penggunanya menderita gastroentritis, muntah-muntah, bahkan penyakit diare."

Perlu diingat bahwa penggunaan ponsel di toilet bisa mengakibatkan perpindahan bakteri dan virus, bahkan menyebabkan penggunanya menderita penyakit yang tak diinginkan. Setelah melihat seperti apa risiko dan bahayanya, masihkah kamu ingin memakai ponsel kesayangan di toilet?

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini