Sukses

Waymo Siap Uji Mobil tanpa Sopir untuk Penumpang

Perusahaan kompetitor Uber, Waymo, akan mulai melakukan pengujian program mobil otonomos (mobil tanpa sopir) untuk penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Waymo akan mulai melakukan pengujian program mobil otonomos (mobil tanpa sopir) untuk ratusan keluarga di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Sebagai permulaan, perusahaan yang ada di bawah naungan Alphabet--perusahaan induk Google--tersebut membeli kendaraan berjenis minivan 500 Chrysler.

Mengutip Reuters, Rabu (26/4/2017), Waymo sebelumnya diam-diam sudah menguji layanan tersebut untuk sejumlah keluarga secara terbatas dalam rangka memelajari apa yang ingin pengguna inginkan dari layanan tersebut.

Berpijak dari pengujian terakhir itu, kompetitor Uber di bidang teknologi otonomos ini menyarankan pengguna untuk turut serta dalam pengujian berikutnya--pengujian perdana program mobil otonomos untuk penumpang. Namun perlu ditekankan, pengujian ini tetap melibatkan operator manusia, jika dalam kasus tertentu, diperlukan intervensi.

Untuk diketahui, saat ini perusahaan teknologi di Silicon Valley tengah berlomba-lomba di bidang teknologi mobil otonomos. Bidang ini diprediksi akan mampu mengubah industri otomotif dan menjadi lahan menggiurkan bagi perusahaan.

Waymo merupakan salah satu perusahaan teknologi dengan rekam jejak bagus di bidang ini dan menjalin kemitraan dengan perusahaan otomotif Fiat Chrysler Automobile.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.