Sukses

Bocah 11 Tahun Ubah Boneka Jadi Senjata Hacker Mematikan

Baru berumur 11 tahun, bocah ini memperlihatkan bagaimana perangkat sehari-hari yang terhubung dengan internet dapat dengan mudah diretas.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli keamanan siber dibuat terkagum-kagum ketika seorang siswa kelas 6 sekolah dasar menunjukkan betapa mudahnya meretas perangkat mobile dan "mempersenjatakan" barang biasa, seperti boneka beruang.

Di dalam sebuah konferensi keamanan siber di Den Haag, Belanda, bocah berumur 11 tahun bernama Reuben Paul melakukan hal tersebut.

Mengutip laman Fortune, Jumat (19/5/2017), berbekal sebuah Raspberry Pi (komputer mini), ia mampu meretas perangkat pengunjung via bluetooth dan mengunduh nomor telepon korban.

Selanjutnya, ia menggunakan nomor telepon tersebut untuk meretas ke dalam boneka beruang yang terhubung ke internet via bluetooth atau Wi-Fi, dan menggunakan boneka tersebut untuk merekam pesan dari penonton menggunakan program bahasa komputer Phyton.

"Aku hanya ingin menunjukkan bagaimana aku bisa meretas dan terhubung ke [perangkat yang tersambung ke internet] dan mengirimkan bermacam perintah," ucap Paul.

Ia mengatakan, berbagai benda sehari-hari yang terhubung dengan internet dapat digunakan untuk memata-matai atau digunakan untuk mencuri informasi pribadi pengguna.

Meski belum remaja, Paul nyatanya sudah dikenal di kalangan masyarakat di Austin, Texas. Pada 2014, bocah jenius ini mendirikan perusahaan sendiri, sebuah situs gim pendidikan bernama PrudentGames. Diketahui, Paul saat ini menjabat sebagai CEO perusahaan.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini