Sukses

Apple Siapkan Prosesor untuk Kecerdasan Buatan

Apple dilaporkan sedang menggarap sebuah prosesor khusus untuk kemampuan kecerdasan buatan (AI).

Liputan6.com, Jakarta - Apple terus berinovasi agar tak tertinggal dari para kompetitornya. Kali ini, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu, sedang mengerjakan sebuah prosesor khusus untuk kemampuan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dilansir Bloomberg, Minggu (28/5/2017), informasi soal prosesor Apple ini berasal dari seorang sumber yang mengklaim mengetahui tentang hal tersebut. Prosesor tersebut dikenal di kalangan internal dengan nama Apple Neural Engine.

Menurut sumber, prosesor itu akan meningkatkan kemampuan berbagai perangkat Apple untuk menangani sejumlah tugas, yang tidak membutuhkan kecerdasan manusia, seperti pengenalan wajah dan suara. Pihak Apple menolak mengomentari laporan ini.

Para engineer Apple saat ini tengah berusaha mengejar rekan mereka di Amazon.com dan Alphabet Inc, di ranah kecerdasan buatan yang tengah booming.

Asisten virtual Siri memang memberikan Apple sebuah keuntungan awal dalam teknologi pengenalan suara, tapi para kompetitornya kian agresif mengembangkan AI untuk berbagai lini produk mereka, seperti produk Echo milik Amazon dan asisten digital Home buatan Google.

Prosesor khusus AI sendiri, akan membantu Apple mengintegrasikan semua kemampuan yang lebih pintar ke berbagai perangkat, khususnya mobil dan gadget yang menjalankan Augmented Reality (AR).

"Dua dari sejumlah 'area' yang dipertaruhkan masa depan Apple, membutuhkan AI. Inti dari augmented reality dan mobil tanpa supir adalah kecerdasan buatan," tutur mantan analis Apple dan salah satu pendiri Loup Ventures, Gene Munster.

(Din/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini