Sukses

Smartphone Tak Mau Terisi Daya, Coba 6 Trik Ini

Bingung karena baterai smartphone tak kunjung terisi daya, padahal sudah di-charge? Coba enam (6) trik berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone kini telah menjadi perangkat yang selalu menemani aktivitas kita sehari-hari, mulai dari bangun pagi hingga kita tidur.

Terkadang kita tidak sadar bahwa kita menggunakan smartphone tanpa henti. Wajar mengingat segala hal dapat dilakukan di smartphone. Misalnya, chatting, mengirim email, dan menonton film.

Biasanya masalah akan terjadi saat smartphone mati. Jika daya tidak mau terisi meskipun sudah di-charge, artinya baterai smartphone benar-benar habis. Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk itu, simak ulasan singkat enam (6) trik berikut ini untuk mengatasi smartphone kamu yang tidak mau menyala berikut ini:

1. Restart Ponsel

Ilustrasi restart ponsel Android. (Doc: Android Police)

Mematikan dan menghidupkan kembali atau restart ponsel merupakan salah satu langkah yang cukup efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Bisa jadi smartphone kamu tak mau mengisi daya karena cache bertumpuk.

2. Kalibrasi Baterai

Apa kamu pernah mengalami saat baterai ponselmu bertambah setelah di-restart? Artinya, baterai meternya error. Nah, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai untuk menstimulasinya agar kembali ke siklus awal.

3. Cek Adapter Charger

Selain langkah-langkah barusan, kamu bisa mengecek adapter charger ponselmu. Smartphone tak mau mengisi daya biasanya sering terjadi karena adapter yang tidak berfungsi. Sebaiknya gunakan adapter yang merupakan bawaan dari smartphone kamu.

Adapter Charger Android. (Doc: Business Insider)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Port USB hingga Dekstop Charger

4. Cek Port USB Smartphone

Nah, port USB umumnya menjadi pokok masalah smartphone kamu tak mau terisi daya. Lubang port USB memang kecil, namun kita sering abai terhadap elemen kecil ini. Port USB berpotensi rusak jika kamu terlalu cepat mencabut kabel.

Ilustrasi Port USB smartphone. (Doc: Android Authority)

Apabila port USB longgar, kamu bisa mendorong kabel charger-mu dengan benda kecil, seperti tusuk gigi atau lidi. Biasakan pula untuk membersihkan port USB agar tidak berdebu.

5. Sumber Daya

Kamu harus memastikan sumber daya untuk mengisi baterai smartphone juga memadai. Apabila dayanya lebih rendah dari daya di adapter kamu, smartphone kamu tidak akan terisi.

6. Pakai Dekstop Charger

Ada ide lain yang dapat kamu coba untuk mengatasi hal ini, yaki memakai dekstop charger. Masih ingat kan dengan tipe charger ini?

Ya, charger ini dapat mengalirkan daya dengan menjepit baterai smartphone kamu. Dengan catatan, smartphone kamu mendukung baterai yang dapat dilepas (removable battery).

 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini