Sukses

Akhir Juni, Smartphone Android Nokia Hadir di Seluruh Dunia

Nokia memastikan ketiga smartphone Android-nya, yakni Nokia 3, 5, dan 6 akan hadir serentak di pasar global pada akhir Juni 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar Nokia pasti sudah tak sabar untuk menjajal dan memiliki smartphone Android Nokia yang dirilis oleh HMD Global awal tahun ini.

Perusahaan asal Finlandia yang pernah berjaya di bisnis ponsel itu memang telah mengonfirmasi kehadiran Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 akan tersedia di pasar global pada kuartal 2 2017. Sayangnya, tak disebutkan secara pasti kapan ponsel Android Nokia tersedia di pasar.

Gara-gara ini, banyak fans Nokia yang bertanya balik ke HMD Global maupun Nokia kapankah smartphone Android Nokia yang dirilis pada ajang Mobile World Congress (MWC) itu melenggang dan bisa dibeli.

Nokia tetap bungkam, setidaknya hingga saat ini. Menjawab pertanyaan seorang follower di Twitter, akun @nokiamobile yang terverifikasi mengumumkan bahwa smartphone Nokia bakal tersedia sebelum akhir kuartal 2 2017.

HMD berencana untuk membuat smartphone Nokia yang sudah melenggang pada ajang MWC tersedia di pasar sebelum akhir kuartal kedua atau akhir bulan Juni. Tak hanya singgah di beberapa negara, cuitan tersebut menegaskan Nokia 3, 5, dan 6 bakal dijual di seluruh dunia.

Sekadar diketahui, dalam gelaran MWC di Barcelona Februari lalu, Nokia merilis empat handset, yakni Nokia 3310 edisi baru, Nokia 3, 5, dan 6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Nokia 3, 5, dan 6

Nokia 3 merupakan ponsel Android paling bungsu dengan spesifikasi paling rendah dibanding Nokia 5 dan Nokia 6. Ponsel ini dibekali layar 5 inci dan RAM 2GB serta memori internal 16GB.

Kinerjanya didukung prosesor MediaTek 6737 quad-core. Kover belakang Nokia 3 terbuat dari bahan polikarbonat dengan sisi berbahan alunimium.

Kemampuan fotografi ponsel ini ditopang dengan kamera utama dan depan sama-sama beresolusi 8MP. Daya baterainya berkapasitas 2.650mAh.Perangkat ini dijual mulai dari US$ 147 atau sekitar Rp 1,9 jutaan.

Sementara, Nokia 5 punya bentang layar 5,2 inci dan dibekali RAM 2GB serta ruang penyimpanan internal 16GB. Perbedaan utama Nokia 3 dan 5 ada pada chipset yang disematkan. Nokia 5 menggunakan chipset Snapdragon 430.

Kamera utama ponsel ini memiliki resolusi 13MP dan kamera selfie 8MP. Pada smartphone ini terdapat baterai berkapasitas 3.200mAh dan harganya sekitar US$ 199 atau setara Rp 2,6 jutaan.

Dibandingkan dengan kedua adiknya, Nokia 6 punya bentang layar yang lebih besar, yakni 5,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Performanya ditunjang RAM 3GB dan ruang penyimpanan 32GB serta prosesor Snapdragon 430.

Sementara itu, kemampuan fotografinya didukung kamera depan 8MP dengan fitur autofocus dan wide-angle. Pada sisi belakang Nokia 6 tersemat kamera 16MP dengan dual tone flash. Saat peluncuran, Nokia 6 dibanderol sekitar Rp 3,2 jutaan. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.