Sukses

Gandeng Wonder Woman, Google Ajak Anak-Anak Belajar Coding

Melalui inisiatif Made with Code, Google mengajak anak-anak mulai belajar coding dalam proyek khusus bertema Wonder Woman

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kerja sama dengan menggandeng karakter Wonder Woman untuk menumbuhkan minat belajar coding pada anak-anak, terutama perempuan. Wonder Woman dipilih karena dianggap sebagai simbol pemberdayaan perempuan di budaya populer saat ini.

Dikutip dari Engadget, Minggu (4/6/2017), kerja sama ini akan dikemas dalam sebuah inisiatif bernama Made with Code yang dibentuk Google. Sebagai informasi, inisiatif ini dibentuk untuk menarik anak-anak perempuan belajar coding melalui proyek tertentu.

Untuk kerja sama dengan Wonder Woman ini, Google sudah menyiapkan proyek interaktif khusus bertemakan karakter superhero DC tersebut. Lewat proyek baru ini, anak-anak dapat membuat kode untuk tiga scene unik dari film terbaru Wonder Woman.

Melalui proses coding tersebut, anak-anak diminta membantu Wonder Woman mengatasi rintangan agar bisa sampai dengan selamat di tujuannya. Proses ini dapat memberikan gambaran bagi anak-anak cara berbagai aspek coding untuk diterapkan menjadi sebuah produk.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat mendorong anak perempuan tertarik belajar di bidang ilmu komputer. Alasannya, jumlah perempuan di bidang ini masih sangat sedikit. Untuk pengembang gim saja diperkirakan jumlah wanita hanya 22 persen dari keseluruhan.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Google Play dan Made with Code bersama Warner Bros akan membawa lebih dari 100 remaja putri dari Los Angeles untuk menghadiri pemutaran film Wonder Womam. Mereka juga akan diajak menyelesaikan proyek coding yang sudah dibuat Google.

Selain menjaring anak-anak untuk belajar coding, Google juga merilis pembaruan gim DC Legends yang sudah tersedia di Google Play Store. Pembaruan ini menghadirkan lebih banyak konten dan event khusus yang berhubungan dengan film Wonder Woman.

Sekadar diketahui, proyek semacam ini bukan kali pertama dilakukan oleh Made with Code. Sebelumnya inisiatif ini juga menggandeng film besutan Pixar, Inside Out, untuk mengajak anak-anak tertarik belajar coding.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.