Sukses

Bapak Android Bakal Hadirkan Pesaing Google Glass?

Menurut laporan, perusahaan milik "Bapak Android" Andy Rubin telah mengajukan paten sebuah kaca mata pintar dengan kemampuan AR.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan sejumlah produk perdana beberapa waktu lalu, Essential , perusahaan yang didirikan Andy Rubin dikabarkan bakal kembali meluncurkan produk lain. Kali ini, perusahaan itu digadang-gadang bakal menghadirkan kaca mata pintar yang mirip dengan Google Glass.

Informasi ini pertama kali diketahui dari paten lama yang diajukan oleh perusahaan tersebut. Menurut laporan Patently Apple, perusahaan pria yang dijuluki bapak Android itu memiliki paten perangkat dengan desain mirip kaca mata dengan sejumlah komponen di dalamnya termasuk kamera. 

Dikutip dari The Verge, Minggu (4/6/2017), perangkat ini memiliki kemampuan menangkap gambar dan video dengan sudut sejajar mata manusia. Lensa perangkat ini juga memiliki kemampuan augmented reality (AR) yang dapat menampilkan informasi digital bersamaan dengan pemandangan dunia nyata.

Uniknya, perangkat ini antara lain dapat bekerja pada prescription lenses dan lensa yang sensitif cahaya. Perangkat ini juga memiliki fitur dual-mode display, yang dapat menampilkan visual berlapis dengan memanfaatkan kamera untuk melacak pergerakan mata.

Paten ini juga menyebutkan sejumlah hal unik dari penggunaan kaca mata ini dalam memanfaatkan teknologi AR. Salah satunya adalah kacamata ini dapat menampilkan informasi dari obyek yang dilihat oleh pengguna, seperti menunjukkan harga dari sebuah barang.

Namun mengingat informasi ini masih berupa dokumen pengajuan paten, belum dapat dipastikan kapan perangkat akan dikembangkan. Bahkan, tak tertutup kemungkinan akan ada perubahan yang dilakukan Essential sebelum benar-benar menggarap perangkat ini.

Sebagai informasi, Essential baru saja meluncurkan tiga produk perdana besutannya. Adapun produk yang baru diluncurkan adalah smartphone bernama Essential Phone, perangkat rumah pintar, dan sebuah kamera 360 derajat. 

Essential Phone adalah smartphone perdana dari perusahaan yang didirikan Rubin bersama Matt Hershenson. Perangkat ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 128GB.

Rencananya, Essential Phone akan dibanderol US$ 699. Smartphone ini akan melenggang di pasar dengan berbagai pilihan warna yaitu Black Moon, Stellar Gray, Pure White, dan Ocean Depths.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.