Sukses

Membongkar Xiaomi Mi Max 2, Apa Saja Komponen di Dalamnya?

Mi Max 2 yang baru dirilis akhir Mei lalu langsung dibongkar oleh tim My Fix Guide, seperti apa sih komponen di dalamnya?

Liputan6.com, Jakarta - Mi Max 2 yang baru dirilis pada akhir Mei 2017, langsung dibongkar oleh tim My Fix Guide. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa sulit ponsel 6,4 inci itu diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Meski begitu, dari pembongkaran Mi Max 2 bisa diketahui juga komponen-komponen yang digunakan pada ponsel yang mengandalkan baterai jumbo itu.

Di atas kertas, Mi Max 2 hadir dengan layar seluas 6,4 inci dan resolusi 1.080 x 1.920 piksel. Ponsel ini dipersenjatai prosesor Snapdragon 625 octa-core berkecepatan 2Ghz.

Untuk menunjang performanya, pada Mi Max 2 disematkan RAM 4GB dan memori internal 64GB/128GB yang bisa diperluas dengan kartu microSD. Untuk kemampuan fotografi, Mi Max 2 mengandalkan kamera utama 12MP dan kamera selfie 5MP.

Lantas, seperti apa Mi Max 2 saat dibongkar? Berikut adalah foto-fotonya sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari My Fix Guide, Jumat (9/6/2017).

Pertama, tim reparasi membongkar SIM card tray guna mencegah kerusakan selama proses pembongkaran. Seperti ponsel Xiaomi lainnya, Mi Max 2 menggunakan dua unit sekrup berukuran 0,8 x 25 mm untuk mengamankan kover belakang ponsel.

Tim membuka kover belakang dengan penjepit. Bisa dibilang, bagian belakang Mi Max 2 cukup mudah dibuka dibandingkan ponsel lainnya.

Ketika ponsel dibuka jadi dua bagian, terdapat modul fingerprint yang dihubungkan dengan kabel ke motherboard. Ditemukan pula chip di belakang kabel fingerprint tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Motherboard

Dari pembongkaran, diketahui juga kalau Mi Max 2 menggunakan tiga papan, yakni motherboard, baterai, dan bagian bawahnya adalah papan USB.

Setelah dibongkar lebih jauh, ditemukan pula chip Snapdragon 625 dan RAM yang melekat di motherboard.

3 dari 3 halaman

Kamera dan Baterai Mi Max 2

Kemudian, terlihat pula modul kamera depan yang cukup kecil dari QTech, yakni model F5E8YAR. Sementara, kamera utama memiliki tanda A12N06P.

Selanjutnya ditemukan pula baterai Mi Max 2 yang berkapasitas 5.300mAh produksi Sunwoda Electronic. Dari hasil pembongkaran Mi Max 2, disimpulkan bahwa kebanyakan komponen bersifat modular dan bisa diganti secara mandiri.

Selain itu, tim My Fix Guide juga mengakui bahwa baterai bisa diganti dengan mencabut selotip yang menghubungkannya dengan motherboard. Tim juga tak menemukan kesulitan berarti saat membuka bodi ponsel.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.