Sukses

Top 3: 800 Aplikasi Gratis Android Terinfeksi Malware Paling Hits

Berita soal 800 aplikasi gratis Android yang sudah terjangkit malware paling bikin penasaran pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Berita soal 800 aplikasi gratis Android yang sudah terjangkit malware paling bikin penasaran pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Tak hanya itu, berita lain yang juga menjadi sorotan datang dari jutaan smartphone Samsung yang terancam malware gara-gara domain yang kadaluarsa, dan foto editan yang dijamin bikin orang melihatnya deg-degan.

Untuk selengkapnya, simak tiga berita terpopuler Tekno Liputan6.com pada Minggu (18/6/2017) berikut ini:

1. 800 Aplikasi Gratis di Google Play Terinfeksi Malware Xavier

Pengguna Android harus waspada, sebab baru-baru ini dilaporkan lebih dari 800 aplikasi gratis Android di Google Play telah terjangkit malware bernama Xavier.

Mengutip laman Phone Arena, Minggu (18/6/2017), Xavier merupakan sebuah malware yang mengumpulkan berbagai informasi pengguna. Menurut ahli keamanan di Trend Micro, malware tersebut ter-install di banyak aplikasi Android termasuk aplikasi photo editor dan wallpaper. Yang paling mengejutkan, aplikasi-aplikasi yang terinfeksi malware Xavier sudah diunduh hingga berjuta kali.

Sebenarnya, malware Xavier merupakan sebuah penambang iklan, yakni sebuah elemen terintegrasi dalam aplikasi gratis yang memungkinkan iklan jadi sumber pendapatan bagi pengembang.

Selengkapnya baca di sini

2. Jutaan Smartphone Samsung Terancam Malware karena Domain Ini

Nama Samsung di industri smartphone tentu sudah tak diragukan lagi. Namun, baru-baru ini dilaporkan jutaan pengguna smartphone-nya rentan terhadap serangan malware.

Hal ini terjadi karena perusahaan Korea Selatan itu diduga mengacuhkan sebuah domain yang mulanya dipakai untuk memantau aplikasi yang dipasang di perangkat lawas. Demikian yang diungkapkan oleh peneliti keamanan.

Jika kamu memiliki smartphone versi lawas Samsung, kemungkinan kamu punya aplikasi stok yang dirancang untuk merekomendasikan aplikasi populer lainnya. Aplikasi tersebut bernama S Suggest yang terpasang di Android Samsung tipe lama. Rupanya perusahaan sudah menghentikan S Suggest sejak 2014.

Selengkapnya baca di sini

3. 5 Foto Editan Photoshop Ini Bikin Orang Tua Deg-Degan

Seorang desainer sekaligus seorang ayah bernama Stephen Crowley menggunakan kemampuannya dalam mengedit foto menggunakan program olah foto digital Photoshop. Tak tanggung-tanggung, ia mengedit foto anaknya sendiri dengan hasil yang membuat anggota keluarga lainnya menjadi panik.

Apa sebabnya? Crowley rupanya menempatkan anaknya seolah berada dalam situasi yang sangat berbahaya buat anak-anak.

Misalnya, foto anak balitanya sedang menyetir mobil di jalan tol, memegang pisau dapur, memanjat tangga tanpa pengawasan, hingga bermain di tepian tangga rumah.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini