Sukses

5 Smartphone Unggulan yang Segera Meluncur

Ada lima smartphone flagship yang dilaporkan akan segera meluncur menjelang akhir tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Evolusi smartphone begitu cepat dan selalu ada banyak hal baru yang dinanti. Salah satu yang ditunggu tidak hanya oleh konsumen, tapi juga para pengamat industri adalah flagship smartphone atau unggulan dari para vendor.

Pada tahun ini, sudah ada beberapa smartphone unggulan yang telah diumumkan termasuk seri Galaxy S8, OnePlus 5 dan LG G6. Semuanya adalah produk premium dari masing-masing vendor.

Memasuki semester II 2017, masih ada sejumlah smartphone unggulan lain yang diyakini akan segera memulai debut. Vendor smartphone seperti HMD Global, Samsung, Huawei, LG, Apple, berulang kali dilaporkan akan mengumumkan produk terbarunya sebelum akhir tahun ini.

Meski kelima perusahaan itu belum mengonfirmasi tanggal pengumumkan smartphone unggulan terbarunya, berbagai rumor dan prediksi mengenai hal tersebut banyak beredar di internet, termasuk media.

Berikut lima smartphone unggulan yang akan diumumkan dalam waktu dekat ini, seperti dilansir Pocket Lint, Senin (7/8/2017):

1. Nokia 8

Perangkat diduga Nokia 8 yang akan dirilis HMD Global pada 16 Agustus mendatang di London, Inggris (Sumber: The Verge).

Smartphone Nokia berhasil mencuri perhatian saat Mobile World Congress 2017 dengan meluncurkan tiga produk baru. Sayangnya, saat itu HMD Global selaku pemilik lisensi handset merek Nokia, tidak mengumumkan Nokia 8 yang kerap disebut sebagai smartphone unggulan.

Penantian konsumen sepertinya akan segera berakhir. Pasalnya, HMD Global dilaporkan sudah mengirimkan undangan acara peluncuran Nokia 8 kepada media. Acaranya akan digelar di London, Inggris, pada 16 Agustus 2017.

Sejauh ini belum ada konfirmasi mengenai spesifikasinya. Namun menurut sejumlah laporan, Nokia 8 akan memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 2560 x 1440 piksel, prosesor Snapdragon 835, RAM 4GB, dua kamera belakang. Belum ada informasi mengenai spesifikasi dua kamera belakang tersebut.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Galaxy Note 8 dan LG V30

2. Samsung Galaxy Note 8

Samsung telah menyebarkan undangan acara pengumuman Galaxy Note 8. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu memilih New York, Amerika Serikat (AS), untuk mengumumkan smartphone tersebut pada 23 Agustus 2017.

Sejatinya, pihak Samsung belum mengonfirmasi acara tersebut adalah untuk mengumumkan Galaxy Note 8. Namun gambar S Pen yang ada pada undangan mengindasikan acara itu berhubungan dengan Galaxy Note 8.

Rumor Galaxy Note 8 sangat banyak bermunculan di internet, salah satunya mengenai ukuran layar 6,3 inci dengan resolusi 4K untuk mendukung pengalaman Virtual Reality (VR). Selain itu, Galaxy Note 8 juga disebut memiliki dua kamera belakang dengan sensor 12MP dan kamera depan 8MP.

3. LG V30

Bocoran LG V30 (Sumber: Ubergizmo)

Selama dua tahun terakhir, LG memiliki dua smartphone unggulan yaitu seri G dan V. Sementara LG G6 sudah diumumkan pada awal tahun 2017, dan kini LG tengah bersiap untuk merilis seri V terbaru.

Jika sebelumnya seri V terbatas untuk pasar Asia dan Amerika Serikat (AS), maka kemungkinan untuk tahun ini pemasarannya juga akan mencakup wilayah Eropa. Prediksi ini muncul setelah LG dilaporkan akan mengumumkan V30 dalam acara IFA 2017 di Jerman pada bulan depan.

V30 diharapkan dapat membantu LG menutup celah dengan sejumlah smartphone unggulan yang meluncur setelah G6. Karena itu, V30 dibekali dengan spesifikasi kuat agar dapat bersaing dengan produk-produk unggulan lain.

LG V30 antara lain dilaporkan memiliki layar OLED 6 inci dengan rasio aspek 18:9, prosesor Snapdragon 835, dan baterai 3.000 mAh. Smartphone ini akan kompatibel dengan platform VR milik Google, Daydream.

3 dari 3 halaman

Huawei dan iPhone 8

4. Huawei Mate 10

Huawei telah membuat pernyataan resmi bahwa Mate 10 akan menjadi perangkat yang hebat. Bahkan Huawei menyebutnya sebagai perangkat paling kuat yang pernah dibuatnya.

Huawei kembali memilih wilayah Eropa untuk mengumumkan smartphone unggulan. Untuk Mate 10, perusahaan diyakini memilih Munich, Jerman, untuk mengumumkannya pada 16 Oktober 2017.

Chief Executive Officer (CEO) Huawei Technologies Consumer Business Group, Richard Yu, pernah mengatakan Mate 10 akan hadir dengan layar "full screen". Berdasarkan pernyataan itu, Mate 10 diperkirakan bergabung dengan kelompok perangkat tanpa bezel yang saat ini sedang tren di pasar smartphone dunia.

Dalam beberapa informasi yang beredar, Mate 10 disebutkan juga akan memiliki kamera ganda, teknologi 3D sensing, pemindai iris mata, dukungan teknologi Augmented Reality (AR) dan chipset Kirin 970.

5. iPhone 8

Smartphone terbaru Apple ini termasuk yang paling sering menjadi topik pembicaraan. iPhone 8 diyakini akan menjadi smartphone pertama Apple yang menggunakan layar OLED.

Berdasarkan sejumlah informasi, iPhone 8 juga dilengkapi dua kamera belakang, sensor sidik jari di balik layar, fitur pendeteksi baru pada kamera bernama SmartCam, dan sistem operasi (OS) iOS 11. Sementara harga jualnya diperkirakan mencapai US$ 1.000.

Apple dilaporkan akan mengumumkan iPhone 8 bersamaan dengan dua seri 7s pada September 2017. Namun iPhone 8 akan menjadi yang paling premium dibandingkan dua smartphone lain.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.