Sukses

Google Assistant Bikin Sengsara Pengguna Smartwatch, Kok Bisa?

Google Assistant tak bisa digunakan untuk menjalankan fungsi lain, selain pencarian internet dengan perintah suara.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual pada perangkat Anda sejatinya dapat membantu Anda untuk melakukan sesuatu, mulai dari mencari informasi hingga menjalankan aplikasi. Namun, tetap saja asisten virtual juga terkadang bisa melakukan kesalahan.

Contohnya, Google Assistant mengalami bug di banyak smartwatch berbasis Android Wear 2.0. Akibatnya fitur ini berhenti bekerja dan tidak dapat digunakan.

Karena hal tersebut, para pengguna ramai-ramai langsung melaporkannya di forum Google Product. Menurut mereka, Google Assistant berhenti bekerja sepenuhnya selama sepekan terakhir.

Bahkan asisten virtual Google ini dilaporkan tak bisa mengontrol perangkat smart home Google lainnya. Atau dengan kata lain, Google Assistant ini tak bisa digunakan untuk menjalankan fungsi lain, selain pencarian internet dengan perintah suara.

Sebagian menilai bahwa hal ini terjadi karena kesalahan dari Google Apps. Menurut Community Manager Google, Ernest dalam blog-nya, perusahaan tengah menginvestigasi masalah tersebut, dan akan segera mengatasinya.

"Kami akan mengumpulkan semua laporan bug ini. Jika ini terjadi, tolong segera beritahu kami," ucapnya seperti dikutip Wareable dari Android Police, Selasa (15/8/2017), 

Kemudian, Ernest kembali memberikan pernyataan lanjutan di mana pihaknya mengaku telah menyelesaikan masalah tersebut. Ia menyebutkan bahwa seluruh pengguna harus segera memperbarui Google Apps ke versi 7.8.

"Kirimkan laporan bug apabila perintah suara masih menjawab 'are still failing'," tutupnya.

(Cas/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.