Sukses

Android Oreo Bakal Sambangi 3 Smartphone HTC

HTC mengumumkan tiga smartphone yang akan bisa mencicipi Android Oreo.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi (OS) Android versi 8.0 resmi menyandang nama Oreo. Setelah nama itu diumumkan, para konsumen penasaran mengenai varian smartphone yang akan mendapatkan pembaruan ke OS tersebut.

Konsumen HTC termasuk yang menanti OS terbaru itu. Rasa penasaran mereka setidaknya terjawab oleh kicauan HTC USA di Twitter, yang mengungkapkan Android Oreo akan meluncur ke HTC U11, U Ultra, dan 10 di seluruh dunia.

"Kami sangat senang membawa Android Oreo kepada pemilik HTC U11, HTC U Ultra, dan HTC 10 di seluruh dunia! Rincian dan perangkat tambahan lainnya akan diumumkan segera," tulis HTC.

Sebelumnya, pihak HTC telah memastikan HTC U11 akan menerima pembaruan OS ke Android O dan P.

"Kami mungkin akan memperpanjang dukungan untuk tiga versi selanjutnya dari Android. Semuanya tergantung kebutuhan hardware dan software dan apakah itu akan memberikan nilai bagi konsumen," kata President of Smartphones and Connected Devices HTC, Chailin Chang, beberapa waktu lalu.

HTC mengumumkan tiga smartphone yang akan bisa mencicipi Android Oreo (Foto: Ist)Adapun, pengumuman nama Android Oreo pada Senin (21/8/2017) melalui live streaming, menyedot perhatian yang cukup besar. Android Oreo saat ini telah tersedia untuk pengujian atau berada dalam tahap developer preview.

Berkat tahapan developer preview, sebagian fitur Andorid Oreo sudah bisa dicoba. Memang Belum semua pengguna bisa menjajal Oreo, tapi sejumlah jajaran perangkat Android dipastikan akan mendapatkan pembaruan ke OS tersebut pada tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur menarik Android Oreo

Salah satu fitur menarik pada Android Oreo adalah Picture-in-Picture mode. Para pengguna Android 8.0 akan bisa menonton video sambil melakukan kegiatan lain dengan perangkat mereka. Hal ini bisa dilakukan berkat fitur Picture-in-Picture (PiP) mode.

Fitur ini awalnya dikembangkan sebagai bagian dari Nougat, tapi hanya tersedia pada perangkat Android TV. Tapi kini juga bisa dinikmati di ponsel dan tablet. Sebagai catatan, aplikasi yang digunakan harus sudah mendukung video PiP. Beberapa yang sudah mendukung video PiP adalah Chrome, YouTube dan VLC.

Untuk menggunakannya, pengguna harus terlebih dahulu memulai sebuah video dalam mode full-screen dan tap tombol "Home". Kemudian ukuran video akan mengecil dan bisa terus ditonton sambil mengakses layanan lain seperti kalender.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.