Sukses

Penting, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum kamu membeli smartphone, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Saat kamu pergi, smartphone mungkin menjadi barang yang tidak boleh ketinggalan. Smartphone seolah menjadi teman untuk menunjang aktivitas sehari-hari, entah untuk bekerja atau mengisi waktu.

Karena fungsinya yang kian vital, tak sedikit orang yang menginginkan smartphone dengan teknologi paling mutakhir untuk menunjang aktivitasnya.

Oleh karenanya, cukup banyak orang yang sering berganti smartphone tiap ada model baru dengan teknologi terkini.

Namun, ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan sebelum memilih dan berganti smartphone. Apa saja? Berikut adalah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berganti smartphone.

1. Harga

Hal paling penting saat memutuskan berganti smartphone adalah budget yang dimiliki untuk membeli smartphone pengganti.

Penting untuk lebih mengetahui harga smartphone yang ingin dibeli. Smartphone memiliki kelas masing-masing dengan harga yang juga berbeda.

Ilustrasi: Antrean pembelian smartphone

Perlu diingat, smartphone dengan spesifikasi mumpuni tidak hanya bisa ditemukan pada kelas flagship.

Oleh karenanya saat hendak berganti smartphone kamu tak perlu memaksakan diri untuk membeli smartphone yang harganya di luar jangkauan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi

2. Spesifikasi

Spesifikasi bisa menjadi pertimbangan selanjutnya setelah menimbang berapa budget yang akan dialokasikan untuk sebuah smartphone.

Saat ini vendor menawarkan berbagai smartphone dalam balutan iklan yang sangat menarik perhatian dan tentu membuat calon pembeli makin ingin memilikinya.

Namun penting untuk memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan smartphone tersebut. Pastikan untuk selalu membeli smartphone berdasarkan kebutuhan.

Ilustrasi: Spesifikasi sebuah smartphone

Misalnya, kamu orang yang biasa bekerja di lapangan dan tak punya memiliki banyak waktu untuk mengisi daya kamu bisa memilih smartphone yang punya fitur pengisian daya cepat dan baterai berdaya besar, serta bodi yang kuat.

Lain lagi kalau kamu perlu sebuah smartphone untuk mengunggah hasil foto ke media sosial. Kamu tentu bisa memilih smartphone yang memiliki kemampuan fotografi baik.

Besaran RAM yang dibutuhkan dalam smartphone juga bisa dijadikan pertimbangan sendiri dalam memilih smartphone. Intinya, sesuaikan smartphone dengan kebutuhan, jangan karena bujuk rayu iklan.

3. Garansi

Saat membeli smartphone baru, kamu perlu memastikan apakah smartphone yang kamu beli dijamin oleh garansi resmi. Pasalnya jika smartphone bermasalah kamu bisa langsung mengklaim garansi selama masanya masih ada.

Ilustrasi: Salah satu toko online menjual smartphone dengan garansi resmi

3 dari 4 halaman

4. Pusat Servis

Service center alias pusat servis dari sebuah merek smartphone adalah pertimbangan penting saat membeli perangkat baru.

Ilustrasi: Pusat servis resmi sebuah merek smartphone. Liputan6.com/Switzy Sabandar

Sebagus-bagusnya sebuah smartphone tentu kamu tak ingin kalau smartphone itu mengalami kerusakan, tetapi kamu kesulitan mencari pusat servis resminya.

Oleh karenanya, penting untuk mengecek apakah merek smartphone yang ingin kamu beli sudah jelas layanan service center-nya.

4 dari 4 halaman

5. Aksesori Tambahan

Tidak semua merek smartphone menghadirkan aksesori lengkap dalam satu paket penjualan. Alasannya tentu untuk mengurangi harga jual di pasaran.

Ilustrasi: Earphone

Nah, jika kamu tak masalah dengan absennya aksesori lengkap--dalam hal ini bisa berupa earphone, soft case, dan screen guard--smartphone tersebut bisa dibeli.

Namun, jika kalian bersikeras menginginkan smartphone dengan paket penjualan lengkap, bisa memilih merek lain.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.