Sukses

Uber Bangun Kota Mandiri untuk Uji Coba Mobil Otonomos

Fasilitas bernama Almono ini dilengkap dengan beragam kelengkapan yang membuatnya mirip dengan kondisi jalanan asli.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Uber untuk mengembangkan mobil otonomos atau swakemudi kian serius. Hal itu ditunjukkan dengan keputusan perusahaan untuk membangun sebuah kota kecil yang dapat digunakan untuk uji coba.

Dikutip dari BGR, Minggu (22/10/2017), kota kecil yang bernama Almono itu terletak di Pennsylvania, Amerika Serikat, dengan luas kira-kira 16 hektar. Uber juga sudah mendesain kota tersebut seperti jalanan asli.

Almono memiliki sejumlah desain jalan, persimpangan yang sulit, lampu lalu lintas, termasuk meletakkan kendaraan lain. Bahkan, Uber sudah menyiapkan manekin yang dibuat mirip seperti pejalan kaki di jalanan.

Tak hanya itu, kondisi jalanan tersebut juga sengaja dibuat cukup padat dan sulit. Kemungkinan besar hal itu dilakukan agar mobil dapat mengetahui kondisi jalan yang sebenarnya termasuk sejumlah halangan.

Uber sendiri cukup gencar mengembangkan mobil otonomos dalam beberapa bulan terakhir. Terlepas dari kendala yang ada, perusahaan sudah mulai melakukan uji coba di jalanan Amerika Serikat.

Sekadar informasi, Uber sebenarnya bukan pihak pertama yang mengembangkan konsep kota uji coba semacam ini. Pemerintah Korea Selatan baru saja menyiapkan tempat uji coba beberapa bulan lalu.

Lahan bernama K-City ini sekarang sedang dalam tahap pembangunan yang disesuaikan dengan sistem transportasi cerdas dari Korea Transportation Safety Autorithy. Fasilitas ini akan dilengkapi jalur bus, jalur cepat, dan lahan parkir.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.