Sukses

Pesta Adat Kahiyang-Bobby Banjir Ucapan Selamat dari Warganet

Menjelang resepsi pada Minggu (26/11/2017), warganet berbondong-bondong memberikan ucapan selamat atas pesta adat Bobby-Kahiyang.

Liputan6.com, Medan - Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution, akan menjalani serangkaian pesta pernikahan adat Mandailing pada hari ini, Jumat (24/11/2017).

Pesta adat Kahiyang-Bobby akan berlangsung di kediaman keluarga Bobby, Perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara.

Adapun acara puncak Kahiyang-Bobby akan berlangsung dengan resepsi pernikahan adat Batak Mandailing atau Tapanuli Selatan pada Minggu, 26 November 2017 di Medan.

Pada hari tersebut, juga akan berlangsung prosesi kirab. Proses tersebut digelar agar masyarakat Medan bisa turut merasakan kebahagiaan yang dirasakan Kahiyang-Bobby, mengingat jumlah undangan amat terbatas.

Warganet juga turut merayakan momen spesial ini dengan menyampaikan ucapan selamat untuk Kahiyang-Bobby. Pantauan Tekno Liputan6.com, banyak cuitan selamat warganet mengaliri linimasa Twitter untuk kedua pasangan yang baru saja mengikat janji suci pada 8 November 2017 lalu ini.

Untuk lebih lengkap, berikut kumpulan kicauannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesta Adat dengan Tari Tor-Tor dan Penyembelihan Kerbau

Pesta adat Kahiyang-Bobby sendiri akan dimulai dengan proses penyembelihan kerbau atau Manalpokkon Lahan (pulungan). Acara akan berlangsung semalam suntuk hari ini.

Para raja adat akan berkumpul pada malam harinya guna memanjatkan doa untuk kebahagiaan Kahiyang-Bobby, yang diakhiri dengan manortor atau menari tor-tor secara bergantian, sampai Sabtu, 25 November 2017, pukul 08.00 pagi. Satu jam kemudian, acara adat yang lain dijalankan lagi.

Paman Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar yang bertindak sebagai Suhut mengatakan, acara adat yang akan dipenuhi dengan Harojoan, Notoras, Suhut, Anak Boru, dan Raja-Raja ini akan dibuka oleh tokoh adat Nasution.

Setelah penyembelihan kerbau, acara akan dilanjutkan dengan manyantan gordang sambilan dan gonda, membuka galang-galang atau manortor bagian pertama, mangaloalo mora di balakka sitolu-tolu, dan istirahat sebentar untuk melaksanakan salat Jumat bersama.

Dari jadwal yang diterima Liputan6.com, pukul 02.00 WIB siang acara dimulai kembali dengan marlongit yang diisi oleh Harajoan Mandailing dan Harajoan Tabagsel. Ini akan berlangsung selama empat jam, mendekati kumandang azan magrib.

"Pada bagian ini, ada yang namanya sidang adat atau maralok-alok. Ini untuk membicarakan bagaimana kelanjutan dari acara untuk malam hari dan hari selanjutnya. Setelah itu akan ada acara tor-tor dari Surut, Anak Boru, sampai pihak raja-raja.

"Kalau ada pihak dari Kahiyang yang mau ikut serta menari tor-tor, akan kita persilakan," kata Doli kepada Liputan6.com di Medan, Sumatera Utara.

Manortor kedua atau Margalanggang inilah yang akan berlangsung semalam suntuk. Dari pukul 20.00 sampai 08.00 pagi esok harinya, yang mana kemudian masih dilanjutkan dengan manortor ketiga dan seterusnya.

Sementara itu, kerbau disembelih di halaman sekitaran lokasi acara. Awalnya 10 kerbau akan dipotong. Hanya saja karena melihat kondisi, maka prosesi ritual hanya dilakukan secara simbolis dengan menggunakan satu kerbau saja.

Kepala kerbau menjadi persembahan dengan derajat paling tinggi dalam tradisi budaya Batak. Hal itu juga disebut sebagai simbol keagungan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.