Sukses

Analis: iPhone 9 Berpotensi Lebih Murah Ketimbang iPhone X

Seorang analis terkemuka memprediksi kehadiran iPhone 9 akan lebih populer saat diluncurkan di pasaran nanti.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone X sudah menjadi buah bibir, mulai dari spesifikasinya yang luar biasa sampai harganya yang tak kalah luar biasa.

Namun jangan berkecil hati dulu bila harga iPhone X terlalu mahal, karena kabarnya akan ada Apple iPhone 9 yang ditaksir lebih murah.

Ming-Chi Kuo, pria yang dipandang sebagai analis Apple terbaik di dunia, memperkirakan akan ada tiga produk Apple yang rilis pada 2018, salah satunya iPhone 9.

Dilansir dari Phone Arena, Jumat (16/2/2018), Kuo memprediksi iPhone 9 akan memiliki layar LCD 6.1 inci dan memiliki satu kamera di bagian belakang.

Dibandingkan iPhone X, harga iPhone 9 akan lebih rendah. Kuo juga memperkirakan model ini akan terjual 100 juta unit pada 2018 dan melewati penjualan iPhone seri X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Android Masih Bertahan Melawan iPhone

Perusahaan riset Kantar merilis statistik mengenai performa iOS dan Android selama tiga bulan yang berakhir pada November 2017. Berdasarkan data itu, iPhone X merupakan smartphone paling laris di beberapa pasar penting, tapi hal itu tidak membuat pertumbuhan Android terhenti.

iPhone X menguasai sekitar 14,4 persen penjualan smartphone di Inggris pada November, sehingga membantu Apple meraih pangsa pasar tertinggi lebih dari tiga tahun.

Selain itu, iPhone X juga menduduki posisi pertama di Jepang dengan 18,2 persen pangsa pasar, diikuti iPhone 8 dengan 17,2 persen.

iPhone X juga laris manis di Tiongkok dengan 6 persen pangsa pasar, meski penjualannya masih di bawah iPhone 8 dan 8 Plus di Amerika Serikat (AS).

Tiga varian iPhone 2017 merupakan tiga smartphone paling laris di AS, sedangkan Galaxy S8 hanya menduduki peringkat ke enam. Kendati demikian, berbagai pencapaian itu ternyata belum cukup untuk menghentikan pertumbuhan smartphone berbasis Android.

3 dari 3 halaman

Penjualan iPhone X Melemah

Perusahaan layanan finansial KGI Securities mengklaim pengapalan iPhone Xtidak sebesar yang diyakini banyak pihak. Oleh karena itu, KGI meyakini Apple akan mengapalkan sekira 18 juta unit iPhone X pada kuartal I 2018, jauh dibawah estimasi analis lain yang memperkirakan 20-30 juta unit.

Dilansir 9to5Mac, KGI menilai siklus penggantian ponsel yang lebih lama di Tiongkok menjadi penyebab utama lemahnya penjualan iPhone X. Penjualan smartphone flagship Apple tersebut tidak sebesar harapan awal.

Menurut KGI, Para konsumen Tiongkok memilih lebih lama menggunakan ponsel mereka yang telah ada. Selain itu, desain notch pada sisi layar bagian atas iPhone X disebut juga sebagai salah satu faktor yang membuat konsumen Tiongkok tidak berniat beralih.

Menurut analis KGI, Ming-Chi Kuo, konsumen Tiongkok lebih memilih ponsel dengan layar lebih besar, tapi desain notch membuat tampilan layar menjadi mengecil. Para konsumen merasa desain notch itu membuat layar 5,8 inci iPhone X kurang maksimal.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.