Sukses

5 Grup K-Pop Terpopuler di Kalangan Pengguna Spotify Indonesia

K-Pop sangat populer di kalangan pendengar Spotify Indonesia. Siapa saja grup K-Pop yang memiliki pendengar terbanyak dari Tanah Air?

Liputan6.com, Jakarta - K-Pop berhasil menembus pasar mainstream Indonesia. Hal itu tercermin dari jumlah pendengar mereka di Spotify yang banyak berasal dari Indonesia.

Apabila dulu genre ini hanya dikenal oleh gadis-gadis yang suka drama Korea, sekarang genre tersebut sudah dikenal banyak khalayak ramai.

Di Spotify sendiri para penyanyi K-Pop mendapatkan banyak pendengar dari pengguna Spotify di Indonesia, mengalahkan pendengar dari negara-negara lain.

Siapa saja grup K-Pop yang mendapatkan paling banyak pendengar Spotify dari Indonesia? 

Berikut daftar yang dikumpulkan Tekno Liputan6.com dari Spotify pada Selasa (20/2/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. BIGBANG

Total pendengar di Spotify:

1. Singapura: 72.898

2. Jakarta: 63.874

3. Tokyo: 47.814

BIGBANG memiliki pendengar terbanyak nomor dua di Indonesia. Saat ini BIGBANG tidak begitu aktif karena T.O.P. masih melakukan wajib militer setelah sempat tersandung kontroversi.

Kabarnya pada 2018 ini G-Dragon juga akan menjalankan wajib militer pada 27 Februari, dan Taeyang pada 12 Maret 2018.

BIGBANG menuai banyak pujian dari kalangan internasional karena gaya musiknya yang berbeda dari artis K-Pop mainstream lewat genre hip hop yang artistik dan jauh dari kesan imut-imut.

Pada 2011, BIGBANG berhasil meraih predikat Best Worldwide Act dari MTV Europe Music Award, mengalahkan Britney Spears yang juga masuk nominasi.

3 dari 6 halaman

4. BLACKPINK

Total pendengar di Spotify:

1. Jakarta: 85.444

2. Singapura: 74.484

3. Kuala Lumpur: 40.862

Pendengar terbanyak BLACKPINK di Spotify berasal dari Indonesia. BLACKPINK memang baru dibentuk pada 2016, tetapi grup beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa ini berhasil populer di kalangan pendengar K-Pop di Indonesia dengan lagu Whistle dan As If It's Your Last.

Musik video Whistle ditonton sebanyak sepuluh juta kali di YouTube hanya dalam lima hari.

Lagu As If It's Your Last selain populer juga meraih prestasi di YouTube dengan ditonton sebanyak sebelas juta kali pada 17 jam pertama saat dirilis.

4 dari 6 halaman

3. EXO

Total pendengar di Spotify:

1. Jakarta: 90.443

2. Singapura: 59.173

3. Kuala Lumpur: 36.633

Grup EXO masih konsisten merajai industri musik K-Pop. Album studio terbaru mereka The War berhasil mencetak hits populer seperti Ko Ko Bop dan Power.

Akhir 2017, EXO juga merilis album musim dingin bertajuk Universe dan di awal 2018 ini EXO merilis album studio dalam Bahasa Jepang berjudul COUNTDOWN.

Personil EXO juga kerap mengisi soundtrack, seperti Chanyeol yang lagu duetnya berjudul Stay With Me berhasil memanjat tangga lagu Korea.

Pendengar terbanyak EXO di Spotify juga berasal dari Indonesia.

5 dari 6 halaman

2. Red Velvet

Total pendengar di Spotify:

Jakarta: 108.112

Singapura: 96.043

Taipei: 46.455

Siapa sangka ternyata grup wanita besutan SM Entertainment ini sangat populer di kalangan pendengar Spotify di Indonesia. 

Tercatat ada lebih dari 100.000 orang Indonesia yang mendengarkan Red Velvet.

Red Velvet pertama kali dikenal luas karena lagu mereka berjudul Dumb Dumb yang dijamin membuat ketagihan.

6 dari 6 halaman

1. Beyond The Scene

Total pendengar di Spotify:

Jakarta: 146.845

Singapura: 142.387

Sao Paulo: 134.787

Mungkin tidak mengagetkan BTS mendapat peringkat pertama. 2017 bisa dibilang tahun kejayaan bagi BTS.

Grup yang sempat dijuluki Bangtan Boys dan sekarang Beyond The Scene berhasil melebarkan sayap ke industri hiburan Amerika Serikat.

Selain karena lagunya berjudul Spring Day dan DNA sukses besar, prestasi BTS dilanjutkan dengan penampilan mereka di berbagai acara dan ajang bergengsi.

BTS menyayikan lagu DNA di American Music Award. Kemudian BTS diundang di acara Ellen DeGeneres untuk diwawancara dan menampilkan lagu Mic Drop. Terakhir, BTS tampil di acara James Corden.

Produser musik terkenal Steve Aoki menutup tahun kejayaan BTS dengan menghadirkan remix lagu Mic Drop.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini