Sukses

Hacker Sebar Video Tanpa Busana Tim Olahraga Putri Belanda

Video tanpa busana tim olahraga putri Belanda beredar gara-gara hacker bobol CCTV sauna tempat mereka mandi dan berganti pakaian.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, sejumlah foto tanpa busana selebritas dibobol oleh hacker dari iCloud. Kini insiden serupa kembali terjadi di Belanda, korbannya bukan selebritas, tetapi tim olahraga handball putri.

Mengutip laman Softpedia, Jumat (9/3/2018), berdasarkan laporan media lokal, hacker membobol kamera CCTV yang ada di ruang ganti sauna tim handball putri ini.

Parahnya, hacker juga mengunggah video para atlet putri yang sedang berganti pakaian ini ke situs dewasa pada Desember 2017.

Tentunya sangat aneh di ruang ganti terdapat kamera CCTV. Pemilik sauna Erik van Ingen Schenau mengatakan, pihaknya diretas pada 2015, saat hacker menyusup ke jaringan dan mencuri rekaman-rekaman pribadi.

Hacker tersebut kemudian mengontak Schenau dan mengancam untuk mengunggah video tersebut ke situs online jika kamera tidak disingkirkan.

"Saya menerima email berisi sebuah foto, rekaman video dari salah satu kamera CCTV dengan ancaman bahwa gambar-garbar tersebut akan tersebar online dalam 14 hari jika saya tidak segera menyingkirkan kamera," kata Schenau.

Meskipun kamera CCTV itu sudah disingkirkan, hacker memutuskan mempublikasikan video bugil tersebut ke laman dewasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuh Atlet Putri Jadi Korban

Ada tujuh atlet putri yang tampak bugil di video tersebut, beberapa di antaranya benar-benar tanpa pakaian.

Sayangnya sampai saat ini tak diketahui apakah sudah ada permintaan dari pemerintah lokal kepada laman dewasa ini untuk menghapus konten yang merugikan para atlet tersebut atau belum.

Keberadaan kamera di ruang ganti yang kemudian diretas hacker ini tentulah mengkhawatirkan. Tak ada penjelasan bagaimana si hacker bisa menyusup ke jaringan dan mencuri rekaman-rekaman videonya.

Saat ini para pejabat lokal menjamin, tidak ada pelanggaran lain yang akan terjadi. Sesuai peraturan setempat, semua kamera di seluruh tempat telah disingkirkan.

3 dari 3 halaman

Jeniffer Lawrence Pernah Jadi Korban Hacker

Sebelumnya, ada juga aksi hacker pencuri foto bugil artis dari layanan Apple iCloud, salah satu korbannya adalah artis cantik Jennifer Lawrence.

Menurut yang diwartakan laman News.com.au, terdapat 55 foto bugil baru milik Lawrence yang tersebar di laman sub-Reddit --kategori forum khusus di jejaring sosial Reddit -- The Fappening 3.

Selain foto-foto syur milik Lawrence, terdapat pula foto bugil sejumlah artis papan atas Hollywood lainnya, beberapa yang telah teridentifikasi adalah supermodel Cara Delevingne dan Anna Kendrick.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.