Sukses

Tiga Tersangka Peretas Anonymous Diringkus

Tiga tersangka anggota kelompok peretas komputer Anonymous ditangkap di Spanyol. Penangkapan mereka secara bersamaan berlangsung di tiga kota, yaitu Barcelona, Valencia, dan Almeria.

Liputan6.com, Madrid: Tiga tersangka anggota kelompok peretas komputer Anonymous ditangkap di Spanyol. Penangkapan mereka secara bersamaan berlangsung di tiga kota, yaitu Barcelona, Valencia, dan Almeria, belum lama ini. Anonymous mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap Sony, bank-bank Spanyol, dan tindakan yang terorganisir untuk membela situs penyebar rahasia Wikileaks.

Sebuah pernyataan dari kepolisian nasional Spanyol mengatakan sebuah komputer yang disita dari rumah salah seorang yang ditangkap, digunakan untuk meretas. Penangkapan ini adalah puncak dari penyelidikan yang dimulai sejak Oktober 2010. Penyelidikan itu melibatkan polisi dunia maya Spanyol yang harus menyisir jutaan obrolan di internet untuk bisa mengidentifikasi siapa yang mengkoordinir kegiatan grup ini.

Beberapa serangan yang dilancarkan oleh anggota Anonymous menggunakan perangkat lunak berbasis web bernama Loic untuk membombardir situs-situs sasaran mereka dengan data. Situs Paypal, Mastercard, dan Amazon semuanya menjadi sasaran dengan menggunakan perangkat ini.

Penangkapan sudah dilakukan terhadap anggota Anonymous di Amerika Serikat, Inggris dan Belanda sebelum razia di Spanyol ini terjadi. Anonymous berkembang dari situs berbagi gambar 4Chan dan menggambarkan dirinya sebagai kelompok yang beranggotakan warga negara internet yang prihatin. Organisasi ini juga menyerang situs-situs pemerintah di Tunisia dan Mesir untuk membantu gerakan protes rakyat.(ADO/BBC Indonesia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini