Sukses

Elon Musk Hapus Akun Facebook Tesla dan SpaceX

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk turut menghapus akun Facebook kedua perusahaannya. Hal tersebut diduga sebagai dampak dari skandal kebocoran puluhan juta data pengguna Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan #deletefacebook atau "Hapus Akun Facebook" di Twitter makin meluas. Mengutip laman BBC, Sabtu (24/3/2018), saat ini langkah untuk menghapus akun Facebook kian banyak dilakukan setelah Cambridge Analytica secara ilegal menggunakan data personal 50 juta pengguna Facebook untuk kepentingan politik.

Tokoh ternama di dunia teknologi pun ikut meramaikan gerakan hapus Facebook ini. Setelah pendiri WhatsApp Brian Acton menyerukan hapus Facebook, kini bos perusahaan mobil listrik Tesla sekaligus perusahaan roket SpaceX Elon Musk melakukan hal sama.

Mulanya, Musk menanggapi kicauan Acton yang mentwit, "Sudah waktunya untuk #deletefacebook." Lewat akun @elonmusk, dia membalas, "What's Facebook?"

Para follower Musk pun nimbrung di kicauan tersebut, menantang Musk untuk menghapus laman Facebook milik perusahaannya. Pertama, seorang pengguna Twitter menantangnya untuk menghapus akun Facebook milik SpaceX.

"Aku tidak sadar SpaceX punya akun Facebook. Akan segera menghapusnya," jawab Musk membalas follower-nya.

Tidak berhenti di situ, seolah tidak puas follower Musk juga menantangnya untuk menghapus akun Facebook resmi Tesla disertai screenshot profil Tesla.

"Pastinya. Itu terlihat norak," kata Musk menjawab permintaan follower.

Tanpa berpikir panjang, kedua akun Facebook milik perusahaan Musk, Tesla dan SpaceX pun dihapus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Hapus Instagram

Sekadar informasi, kedua page Facebook perusahaan Musk, yakni Tesla dan SpaceX tercatat memiliki 2,5 juta pengikut sebelum keduanya dinonaktifkan.

Sementara itu, Musk mengatakan akan terus menggunakan akun Instagram --salah satu platform media sosial yang juga milik Facebook-- tapi dia tetap mengejek Facebook yang dianggapnya menakutkan.

3 dari 3 halaman

Pernah Hancurkan Satelit Facebook

Pada 2016, Facebook juga menggunakan roket SpaceX yang bernama Falcon9 untuk merilis satelit komunikasi dengan nilai lebih dari US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun.

Kendati begitu, roket tersebut meledak di landasan pacu sekaligus menghancurkan satelit Facebook yang seharusnya diluncurkan. Waktu itu, seorang reporter mengunggah kicauan pada Musk di Twitter. "@elonmusk menghancurkan satelitnya Mark Zuckerberg."

Musk pun membalas, "Yeah, salah saya karena menjadi idiot. Kami sudah memberikan mereka makan siang sebagai tanda maaf, saya pikir Facebook punya asuransi."

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.