Sukses

Facebook Beli Instagram Rp 9,17 Triliun

Facebook membeli Instagram sebagai situs upload foto terlaris di dunia seharga $1 miliar atau sekitar Rp 9,17 triliun.

Liputan6.com, Los Angeles: Facebook bakal memanjakan pengguna dalam menggunakan jejaring sosial raksasa tersebut. Pasalnya, Facebook telah membeli Instagram sebagai situs upload foto terlaris di dunia seharga $1 miliar atau sekitar Rp 9,17 triliun. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak hanya dapat mengunggah foto begitu saja, tetapi juga bisa menyunting foto menjadi lebih lucu dan menarik.

Pembelian Instagram yang baru eksis sejak 2010 silam itu menuai perhatian luas dari publik teknologi, karena baru kali ini ada jejaring sosial yang berani membeli suatu situs aplikasi dengan harga yang sangat mahal.

Menurut mantan eksekutif Facebook--Paul Buchheit, pembelian tersebut merupakan strategi yang tepat untuk melebarkan sayap perusahaan, di samping untuk merebut Instagram sebelum dibeli Twitter dan Google Inc.

"Cepatnya perkembangan Facebook adalah strategi yang tepat. Ini akan menjadi gebrakan baru dalam menghadang Twitter," kata Bucheit yang kini mengembangkan situs Y-Combinator dan FriendFeed.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, berjanji akan terus mengembangkan Instagram sebagai merek yang berbeda dengan jejaring sosial besutannya. Menurutnya, aplikasi ini akan dibiarkan tetap seperti semula. Para pengguna tetap dimungkinkan membuat posting ke jejaring sosial saingan Facebook. "Kami akan tetap mempertahankan fitur asli untuk mengirim ke jaringan sosial lainnya," katanya.

Instagram yang awalnya hanya digunakan untuk iPhone, kini telah meluas. Aplikasi Instagram ini gratis dan memungkinkan pengguna untuk menerapkan 17 filter gambar, seperti mengubah komposisi warna sebelum gambar diunggah. Aplikasi ini sangat populer. Instagram mengklaim memiliki lebih dari 30 juta pengguna yang telah mengunggah lebih dari 5 juta gambar baru setiap hari.(RZK/Reuters/BBC/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.