Sukses

Tak Sesuai Iklan, Microsoft Surface Dituntut

Seorang pengacara asal California menuntut Microsoft. Gara-garanya, tablet Microsoft Surface yang ia beli kapasitasnya tidak sesuai dengan yang diiklankan Microsoft.

Liputan6.com, California:  Seorang pengacara asal California menuntut Microsoft. Gara-garanya, tablet Microsoft Surface yang ia beli kapasitasnya tidak sesuai dengan yang diiklankan Microsoft.

Pengacara bernama Andrew Sokolowski ini mengaku membeli tablet Surface berkapasitas 32 GB, namun faktanya kapasitas kosong yang didapatkan hanya 16 GB.

Ini karena sebagian dari kapasitas penyimpanan dari tablet tersebut sudah terisi dengan beberapa aplikasi yang sudah terinstal (pre-install) sebelum dijual seperti aplikasi Word dan Excel, serta Windows recovery tools dan Windows RT. Untuk tablet Surface berkapasitas 64 GB, maka user akan mendapatkan kapasitas penyimpanan free sebesar 45 GB.

Dikutip dari TG Daily, Jumat (16/11/2012), Sokolowski mengajukan gugatannya di Pengadilan Tinggi Los Angeles pada Selasa lalu, dan ia berencana mengajukan gugatan class action.

Microsoft, kepada Associated Press mengatakan bahwa tuntutan Sokolowski tidak kuat dasarnya. "Pelanggan harus tahu bahwa sistem operasi dan aplikasi yang pre-install akan mengurangi kapasitas penyimpanan internal perangkat tersebut, sehingga total kapasitas free yang akan didapat juga berkurang," kata juru bicara Micorosft kepada AP.

Di websitenya sendiri, Microsoft dengan sangat jelas menyebutkan bahwa Surface 32 GB hanya memiliki kapasitas kosong 16 GB karena sebagian besar kapasitasnya penyimpanannya sudah terpakai. Microsoft juga memberikan saran agar user menggunakan memory card microSD, USB flash drive, hardisk eksternal atau SkyDrive (penyimpanan berbasis cloud milik Microsoft), jika ingin mendapatkan kapasitas yang lebih besar.

Di lain sisi Sokolowski beranggapan kalau iklan Microsoft Surface menyesatkan. Ia mengklaim sulit mendapatkan informasi terkait kapasitas penyimpanan tersebut. Ia ingin Microsoft mengubah iklan yang dipasangnya dan membayar ganti rugi.

Sokolowski sepertinya akan sulit memenangkan kasus ini di pengadilan. Sebab hampir semua perangkat, tidak hanya Microsoft Surface, kapasitas free-nya akan berbeda dengan yang tertulis di iklan/box produk tersebut karena sudah terisi aplikasi pre-install. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini