Sukses

Upload Foto Langsung dari Kamera Digital ke Internet

Samsung Electronics baru saja meluncurkan kamera digital terbarunya yang dilengkapi koneksi Internet. Pengguna bisa upload foto dan video langsung ke Internet.

Jakarta: Samsung Electronics baru saja meluncurkan kamera digital terbarunya, Samsung Galaxy EK-GC100, yang dilengkapi koneksi Internet.

Ini memungkinkan pengguna terkoneksi ke jaringan internet 3G atau Wi-Fi untuk men-share foto dan video langsung ke Internet tanpa harus memindahkannya dulu ke komputer.

EK-GC100 dapat dioperasikan seperti sebuah smartphone karena didukung oleh sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Kamera berukuran 16 piksel dengan layar sentuh LCD 4,8 inci (12,2cm) ini juga dilengkapi prosesor quad-core Samsung Exynos 4412 1.4GHz dan lensa zoom 21x optical.

Kamera ini memungkinkan pengguna mengirim foto langsung ke perangkat mobile lain melalui jaringan internet, mengakses website, menggunakan aplikasi foto Instagram, email dan jejaring sosial, serta mengedit foto dan bermain game.

Kamera ini diposisikan untuk pasar menengah 'pro-sumers', dengan flash dan kualitas gambar yang diklaim lebih baik. Yang menarik adalah adanya fitur AllShare Play dan Group Cast untuk pengguna perangkat Samsung.

AllShare Play adalah server DLNA yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto dan video ke perangkat Samsung, PC, dan perangkat lain. Sedangkan Cast Group memungkinkan perangkat lain yang ada pada jaringan Wi-Fi terhubung ke kamera Galaxy untuk melihat foto dan video melalui password.

"Kamera Galaxy ini akan membuka bab baru dalam komunikasi - yaitu komunikasi visual," kata JK Shin, chief mobile unit Samsung yang dikutip dari Newsday, Jumat (30/11/2012).

Samsung memang sedang mencoba peruntungannya bermain di industri kamera digital, yang selama ini didominasi oleh pemain-pemain besar asal Jepang seperti Nikon dan Canon. Industri kamera digital menurut perusahaan riset Lucintel diperkirakan akan tumbuh $46 miliar pada 2017.

Terkait harga, kamera ini dilego 750.000 won ($691) di negara asalnya Korea Selatan. Kamera ini bukanlah kamera pertama Samsung yang terkoneksi Internet. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini