Sukses

Lama Dirahasiakan, Google 'XPhone' Terungkap di LinkedIn

Rumor seputar kehadiran "X Phone" besutan Google dan Motorola tampaknya bukan isapan jempol belaka. Ini diperkuat dengan munculnya postingan lowongan pekerjaan di situs LinkedIn.

Google dan Motorola sejak beberapa bulan lalu dirumorkan sedang menyiapkan smartphone pesaing iPhone dengan nama sandi "X Phone". Rumor tersebut tampaknya bukan hanya isapan jempol belaka.

Rumor seputar kehadiran "X Phone" diperkuat dengan munculnya postingan lowongan pekerjaan di situs LinkedIn oleh Motorola Mobility yang telah diakusisi Google tahun lalu.

Dalam postingan itu disebutkan, Motorola sedang mencari "Senior Director of Product Management" untuk ditempatkan pada proyek "X Phone". Informasi itu menegaskan bahwa Google dan Motorola memang benar akan membuat smartphone bernama "X Phone".

Google tampaknya menyadari 'kesalahannya'. Iklan lowongan pekerjaan itu lalu ditarik dari LinkedIn, pesan yang muncul hanya: "Sr Director Product Managment (sic), X-Phone at Motorola Mobility. The job you're looking for is no longer active". Demikian dikutip dari Techradar, Jumat (1/2/2013).

Namun sebuah iklan lowongan pekerjaan yang sama, minus judul "X Phone", tampak masih tersedia di website resmi Motorola.

Situs Phandroid berhasil menyimpan screenshot lowongan pekerjaan yang diposting di LinkedIn. Di situ disebutkan, kandidat yang terpilih nantinya akan bertanggung jawab memimpin pengembangan dan eksekusi "Next Generation Smartphone Platform", namun tidak dijelaskan apa.

Syarat pengalaman yang diminta sebagian besar terkait pengembangan produk mobile. Kandidat yang terpilih nanti akan ditempatkan di kantor di Sunnyvale.

Tentu saja hal ini menimbulkan spekulasi bahwa, meskipun tidak disengaja, keberadaan tentang X Phone memang ada. Sebelumnya, nama sandi "X Phone" untuk smartphone Google-Motorola hanyalah rumor. 

Rumor Spesifikasi

Smartphone "X Phone" disebut-sebut akan menjadi perangkat Android pertama yang dikembangkan oleh Google dan Motorola pasca akuisisi.

Spekulasi yang beredar, "X Phone" akan menggunakan sistem operasi teranyar Android 5.0 Key Lime Pie, dengan layar 5-inchi. "X Phone" ini kabarnya akan ditampilkan bersama-sama dengan tablet Google-Motorola bernama "X Tablet". 

(DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.