Sukses

April 2016, Semua Anjing di Inggris Akan Dipasang Microchip

Ini merupakan bagian dari langkah pemerintah agar pemilik hewan peliharaan lebih bertanggung jawab kepada binatangnya.

Mulai April 2016 semua anjing di Inggris akan dipasang microchip. Ini merupakan bagian dari langkah pemerintah agar pemilik hewan peliharaan lebih bertanggung jawab kepada binatangnya.

Dilansir dari laman the Guardian yang Liputan6.com kutip Jumat (8/2/2013), tiap tahun ada lebin dari 110.000 anjing di Inggris yang ditelantarkan atau hilang. Lebih dari separuh tak bisa diidentifikasi, sehingga ini menimbulkan kerugian hingga 57 juta poundsterling.

Dengan demikian tiap anjing akan dipasang microchip seukuran beras, yang dipasang di bawah kulit dekat leher bagian belakang. Microchip ini akan membantu pihak yang berwenang untuk menemukan pemilik anjing.

Saat ini diketahui sudah 60 persen dari 8 juta anjing peliharaan sudah dipasang microchip. Tapi sistem akan dibereskan, sehingga akan tercipta database baru. Jika anjing diserahkan ke orang lain, pemilik pun harus mendaftarkan ulang.

Aturan ini memang masih dalam tahap sosialisasi. Tapi jika ada pihak yang melanggar aturan ini saat sudah diberlakukan sepenuhnya, maka pelanggar akan dikenai sanksi 500 Poundsterling.

"Sangat memalukan jika di negara pencinta anjing, ribuan anjing ditelantarkan di jalanan atau terdampar di selokan karena pemiliknya mengaku kehilangan. Saya memutuskan akan mengakhiri ini dan memberikan tekanan kepada lembaga dan pihak terkait untuk bisa menemukan rumah baru untuk anjing-anjing ini," kata Menteri Lingkungan Owen Paterson.

Pemasangan microchip akan dikenai biaya 20 hingga 30 Poundsterling jika dilakukan oleh dokter hewan. Tapi lembaga pemeliharaan hewan seperti Dogs Trust, Battersea Dogs Home, dan Blue Cross akan memberikan pelayanan secara gratis. (GAL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini