Sukses

Keyboard Super Tipis Ini Dapat Mengubah iPad Jadi Laptop

Logitech Ultrathin Keyboard Cover ini dirancang khusus untuk iPad 2 dan iPad generasi tiga. Disainnya simpel, minimalis, namun tetap elegan. Saat dipasangkan, iPad bisa berubah jadi laptop.

Tablet kian digemari karena bisa melakukan banyak fungsi pekerjaan layaknya laptop, mulai dari browsing, mengetik, main game, hingga nonton video. Namun mengetik di tablet memang tak senyaman di laptop.

Tidak semua pengguna tablet lihai mengetik di layar sentuh. Selain kurang efisien, keyboard yang muncul di layar juga 'menyita' space layar tablet. Karena itu, pengguna tablet seperti iPad biasanya membutuhkan aksesoris tambahan keyboard agar mengetik lebih nyaman.

Salah satu keyboard wireless untuk tablet yang patut dicoba adalah Logitech Ultrathin Keyboard Cover. Keyboard super tipis ini dirancang khusus untuk iPad 2 dan iPad generasi tiga. Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan me-review produk ini. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari kita lihat.

Tampak samping iPad + Keyboard Cover Ultrathin saat dipasangkan (Liputan6.com/Dewi)

Desain

Kesan pertama melihatnya, keyboard ini terlihat simpel, minimalis serta ramping, namun tetap elegan. Tebalnya hanya berkisar 9 mm. Polesan glossy warna hitam membuat keyboard ini terlihat mengkilat. Namun sayangnya polesan glossy itu membuat sidik jari jadi sangat mudah menempel sehingga keyboard terlihat mudah kotor. Jadi kita harus rajin-rajin membersihkannya dengan kain.

Karena memang dirancang khusus untuk iPad, warna cover keyboard sengaja dibuat sama persis dengan warna iPad agar serasi saat dipasangkan. Casingnya sendiri terbuat dari bahan aluminium.

Saat ditenteng, keyboard portabel ini juga terasa ringan di tangan sehingga tidak repot dibawa-bawa. Beratnya hanya 355 gram.

Pada bagian atas tepi cover terdapat engsel atau klip magnetik yang dapat melekatkan iPad dengan sempurna ketika dipasangkan. iPad sekilas jadi seperti laptop ketika dipasangkan cover keyboard ini. Klip ini juga berfungsi sebagai 'tombol' untuk menyalakan dan mematikan iPad ketika iPad dan cover dibuka atau ditutup.

Pada bagian tengah terdapat dudukan untuk menopang iPad (iPad holder). Dudukan ini magnetik sehingga ketika iPad disisipkan ke dalamnya, magnetik akan melekatkan iPad dengan sempurna.

Pada bagian tepi sebelah kanan, terdapat tombol power On/Off, tombol untuk mengaktifkan Bluetooth, dan port micro USB untuk mengecas baterai keyboard jika habis.

Sayangnya bagian cover keyboard jadi tidak terlindungi sehingga lebih rentan baret alias terkena goresan. Jadi harus hati-hati saat mau menggeser-gesernya ketika dipakai mengetik.

Tombol On/Off, Bluetooth, port micro-USB (Liputan6.com/Dewi)


Tampak depan Keyboard Cover Ultrathin (Liputan6.com/Dewi)

Keyboard

Saat tim Tekno Liputan6.com menjajalnya, ternyata tombol-tombol keyboard ini sangat empuk dipakai mengetik. Jarak antar tombol juga tidak terlalu rapat, sekitar 3 mm (diukur dari bagian tepi antar tombol). Jadi cukup nyaman dipakai mengetik.

Asiknya lagi, sejumlah tombol shortcut juga berfungsi di keyboard ini sehingga pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat, seperti misalnya tombol shortcut copy, paste, undo dan banyak lagi.

Tombol Shortcut
Fn + 1 = Search (menampilkan fungsi search)
Fn + 2 = Ganti bahasa
Fn + 3 = Virtual keyboard (menampilkan/menyembunyikan virtual keyboard)
Fn + 4 = Select Left (memilih teks/kata ke arah kiri)
Fn + 5 = Select Right (memilih teks/kata ke arah kanan)
Fn + 6 = Cut atau Cmd + x
Fn + 7 = Copy atau Cmd + c
Fn + 8 = Paste atau Cmd + v
Fn + 9 = Play/Pause
Fn + 0 = Mute
Fn + dash = Volume down
Fn + plus = Volume up
Fn + delete = Lock screen

Cara menggunakannya?

Bila ingin mengetik, caranya sangat mudah. Cukup masukkan iPad ke dudukannya (iPad holder). Setelah itu, yang perlu kita lakukan hanya melakukan pairing antara cover keyboard dengan iPad lewat koneksi Bluetooth. Aktifkan Bluetooth di cover dan iPad agar keduanya terhubung.

Jika Bluetooth di cover keyboard sudah aktif, maka lampu indikator pada akan berwarna biru (dapat dilihat pada Status Light, di atas tombol delete). Jika warnanya berubah jadi merah, itu artinya baterai keyboard perlu dicas.

Cara mengecasnya juga mudah. Colokkan kabel USB ke cover keyboard dan hubungkan ujung kabel satunya lagi ke komputer. Indikator "Status Light" akan berwarna hijau kelap-kelip saat dicas. Jika sudah penuh, maka akan berwarna hijau solid. Logitech mengklaim baterai keyboard ini mampu bertahan hingga 6 bulan dengan pemakaian rata-rata 2 jam sehari.

Harga

Keyboard ini dijual dengan harga $99 atau sekitar Rp 1 jutaan. Memang lebih mahal dari keyboard portabel lainnya, namun harga itu sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan, baik dari segi kualitas maupun kegunaan.

Spesifikasi Produk

Warna  : Tersedia dalam warna hitam, putih dan merah*
Baterai : Bertahan hingga 6 bulan**
Jarak jangkauan Bluetooth : maksimal 10 meter
Dimensi:
Tinggi 189,85mm
Lebar 241,20mm
Berat 355 gram

*untuk negara-negara tertentu saja
** pemakaian rata-rata 2 jam sehari

iPad + Keyboard Cover Ultrathin saat ditutup dan dibuka (Liputan6.com/Dewi)


Dari hasil uji coba yang dilakukan tim Tekno Liputan6.com, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat kami simpulkan.

Kelebihan

- Desain simpel, minimalis serta ramping, namun tetap terlihat elegan
- Tombol keyboard empuk dan nyaman saat dipakai mengetik
- Dengan keyboard ini, iPad bisa dijadikan sebagai alternatif laptop untuk bekerja

Kekurangan
- Bagian belakang cover keyboar tidak terlindungi sehingga rentan baret
- Polesan glossy pada keyboard ini membuat sidik jari jadi mudah menempel sehingga keyboard terlihat kotor

(DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini