Sukses

Yahoo Kini Punya Wajah Baru

Ada yang berbeda dengan penampilan situs Yahoo kali ini. Rupanya, Yahoo sudah mempermak tampilan lamanya. Portal tersebut kini tampil dengan wajah baru yang lebih atraktif.

Ada yang berbeda dengan penampilan situs Yahoo kali ini. Rupanya, Yahoo sudah mempermak tampilan lamanya. Portal tersebut kini tampil dengan wajah baru yang dibuat lebih atraktif.

Langkah perubahan wajah ini dilakukan Yahoo agar para penggunanya semakin betah berlama-lama di situs Yahoo dan semakin rajin menyambangi Yahoo.

Jika diamati, tampilan wajah baru Yahoo kini lebih dititikberatkan pada konten news feed atau berita yang terletak di bagian tengah Home Page. Newsfeed tersebut berisi informasi, gambar ataupun video, mirip dengan feed yang terdapat pada Facebook dan Twitter. Dengan adanya news feed, pengguna Yahoo bisa mendapatkan ribuan artikel sesuai dengan yang dibagikan oleh teman mereka.

Desain baru Yahoo memang tidak berubah secara dramatis. Menu utama layanan Yahoo masih ditempatkan di sudut kiri atas Home Page.

Salah satu fitur yang mendapat sorotan adalah "Infinite Scrolling", fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan konten berita baru setiap kali pengguna menggulirkan jarinya ke bagian bawah halaman (scroll down).

Selain news feed, pengguna Yahoo juga diberi kebebasan untuk menghapus item berita yang mereka tidak suka atau memilih topik yang disukai.

Pada bagian sisi kanan Home page terdapat widget (Yahoo menyebutnya dengan "Utilities"), isinya berupa informasi cuaca, saham dan info olahraga, serta fitur video dan foto Flickr. Fitur ini juga dapat dimatikan melalui tombol yang muncul pada mouseover.

Pada bagian kanan juga terdapat sebuah kotak yang disebut "Trending Now", sehingga pengguna dapat mengetahui informasi populer apa saja yang sedang tren di dunia maya.

"Kami ingin lebih akrab tapi juga ingin merangkul beberapa paradigma modern Web," kata Chief Executive Officer Marissa Mayer di acara NBC Today.

Dalam sebuah postingan blog, Mayer mengatakan bahwa perubahan wajah baru Yahoo akan diperkenalkan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan. Yahoo juga akan memberikan lebih banyak perubahan dan perbaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Wajah baru Yahoo juga dibuat lebih sosial dengan adanya aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk login dengan ID Yahoo atau Facebook mereka. Tampilan Yahoo ini diklaim akan dibuat lebih nyaman di smartphone dan tablet.

"Tampilan ini lebih personal dan lebih dinamis. Dan sekarang kontennya selalu update dan menyegarkan, yang memberikan semua informasi yang Anda butuhkan," kata Mayer lagi, seperti dimuat Mashable, Kamis (21/2/2013). (DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.