Sukses

Hacker Beraksi, SimCity Baru Pun Bisa Dimainkan Secara Offline

Setelah sedikit melakukan utak-atik, SimCity pun bisa dimainkan secara offline tanpa harus tersambung ke jaringan internet. Seperti apa?

Electronic Arts kembali menghidupkan SimCity, game simulasi pembuatan kota yang menjadi tren di era '90an. Namun banyak gamer yang merasa kesulitan bermain game ini, sebab mereka harus terhubung secara online agar bisa memainkan game ini.

Dilansir dari laman BBC yang Liputan6.com kutip Senin (18/3/2013), seorang hacker kemudian beraksi dan mengubah kode game ini. Setelah sedikit melakukan utak-atik, SimCity pun bisa dimainkan secara offline tanpa harus tersambung ke jaringan internet.

Setelah meretas kode game SimCity, hacker yang memiliki nama alias AzzerUK itu kemudian mengungkap cara yang dia lakukan ke forum sosial Reddit.  AzzerUK menjelaskan bahwa dia mengubah kode game dalam "debug mode". Dia memutuskan waktu disconnect di SimCity, sehingga game tak bisa menentukan apakah dimainkan dalam keadaan online atau offline.

"PC milik Anda bisa mengatasi simulasi kota secara keseluruhan tanpa bantuan dari internet atau server EA," tulis AzzerUK dalam sebuah post yang aslinya ditulis di situs Pastie.

Sayangnya, belum ada cara untuk menyimpan game ini di PC. Untuk menyimpan data, Anda tetap harus terhubung ke server milik EA. "Penyimpanan lokal memang belum bisa dilakukan dengan editan sederhana. Tapi mungkin bisa dilakukan jika diretas dengan lebih serius," ucapnya.

SimCity merupakan game tenar yang pertama kali muncul tahun 1989. Game besutan Maxis ini kemudian menjadi tren di tahun '90an, bahkan saat komputer masih menggunakan DOS.

Namun game ini terus berkembang, bahkan muncul dalam variasi judul di beragam konsol game. Setelah Maxis dibeli EA, game ini kembali dirilis pada 5 Maret lalu, tapi kali ini hadir sebagai game online.

Sayangnya, hadirnya SimCity dalam bentuk game online ini menjadikan para penggila SimCity kesulitan. Untuk bisa bermain, gamer butuh waktu setidaknya 20 hingga 30 menit untuk masuk dan bisa memainkan game simulasi membuat dan mengatur kota ini. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini