Sukses

Komplain Berdatangan, Galaxy S4 Alami <i>Overheating</i>!

Ketenaran Galaxy S4 mulai terusik dengan adanya sejumlah komplain. Smartphone Galaxy S4 dikeluhkan cepat memanas (overheating).

Samsung gencar memasarkan smartphone flagship Galaxy S4 terbarunya ke berbagai negara di dunia. Jika sebagian pengguna menikmati fitur-fitur mengagumkan Galaxy S4, pengguna lain justru mengeluhkan perangkat mereka.

Ketenaran Galaxy S4 mulai terusik dengan adanya sejumlah komplain yang berdatangan dari pengguna. Mereka mengeluh karena handset baru mereka cepat memanas (overheating). Keluhan-keluhan tersebut disampaikan melalui forum XDA Developers dan Android Forum.

Salah satu pengguna mengeluhkan ponselnya overheating hingga 50 derajat Celcius. Pada suhu itu, ponsel jadi tak nyaman dipegang atau jika dilekatkan di dekat telinga untuk menerima panggilan telepon. Ada pula yang mengeluhkan ponselnya overheating saat ia menggunakan kamera.

"Saat saya main game Angry Birds atau browsing internet menggunakan koneksi EDGE selama 10 menit, telepon saya memanas 40-46 derajat Celcius. Saat dicas dan dipakai men-download, suhunya naik jadi 50 derajat Celcius. Saya sebal, ini jadi sangat sangat tidak nyaman dipakai," keluh salah seorang pengguna di forum, yang dikutip dari Thedroidguy, Sabtu (4/5/2013).

Salah seorang mantan pengguna Samsung Galaxy S2 juga mengeluhkan masalah yang sama. Dulu ia mengaku menggunakan Galaxy S2 dan mengalami masalah serupa. Ia lalu mengganti perangkatnya ke Samsung Galaxy Note II dan tidak mengalami masalah overheating.

Ia menduga Samsung telah menyelesaikan masalah overheating, karena itu ia pun mengganti Galaxy Note 2 miliknya dengan Galaxy S4. Namun ternyata masalah overheating kembali dialaminya.

Suhu Makin Naik

Seorang pengguna Galaxy S4 mengaku 'iseng' mengukur suhu perangkatnya ketika digunakan. Pada saat idle, suhu Galaxy S4 miliknya hanya 27 derajat Celsius, lalu naik menjadi 35 derajat Celcius saat dipakai mengecek email dan browsing web dan naik lagi jadi 40 derajat Celsius saat dipakai bermain game.

Saran

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa anggota forum menyarankan agar Galaxy S4 itu dipakaikan casing yang tipis. Namun saran ini dianggap bukan solusi karena hanya melindungi tangan dari rasa panas saja.

Ada pula yang menyarankan untuk mematikan layanan yang tidak diperlukan seperti GPS dan Bluetooth, dan juga meredupkan layar. Jika memang sudah sangat mengganggu, pengguna Galaxy S4 disarankan menukarnya dengan yang baru.

Namun beberapa konsumen yang sudah mencoba menukarnya dengan yang baru mengaku tetap mengalami masalah overheating. Belum ada komentar apapun dari Samsung terkait masalah overheating ini. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.