Sukses

Berkat Windows 8, Pengguna SkyDrive Melonjak 250 Juta

Sejak Windows 8 dirilis pada Oktober tahun lalu, popularitas SkyDrive semakin meroket dengan pertumbuhan 50 juta akun hingga saat ini.

Media penyimpanan internal melalui perangkat seperti hardisk, USB drive dan media penyimpanan lainnya tidak lagi menjadi pilihan utama. Pengguna mulai beralih ke media penyimpanan data berbasis komputasi awan (cloud).

Dari beberapa layanan media penyimpanan online yang ada, layanan cloud computing SkyDrive milik Microsoft adalah salah satu yang populer digunakan. Dilansir laman Engadget, Selasa (7/5/2013), Microsoft baru saja mengklaim bahwa SkyDrive telah memiliki 250 juta pengguna.

Microsoft juga mengakui bahwa pertumbuhan SkyDrive yang telah dimulai sejak tahun 2005 ini semakin meningkat sejak dirilisnya sistem operasi Windows 8. Sejak Windows 8 dirilis pada Oktober tahun lalu, popularitas SkyDrive semakin meroket dengan pertumbuhan 50 juta akun hingga saat ini atau dalam kurun waktu tujuh bulan.

Sistem operasi Windows 8 memang sengaja dirancang oleh Microsoft agar selalu terintegrasi dengan SkyDrive. SkyDrive sendiri memang menjadi primadona layanan cloud computing karena mampu menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 7GB secara cuma-cuma.

Kapasitas yang diberikan ini lebih besar dibandingkan dengan dua pesaingnya, Dropbox dan Google Drive. DropBox hanya menyediakan kapasitas penyimpanan secara gratis seluas 2GB, sedangkan Google Drive menyediakan 5GB.

Selain itu, SkyDrive masih merupakan layanan yang termurah dibandingkan yang lainnya. Untuk penambahan kapasitas sebesar 100GB, hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 450 ribu pertahun (USD 49), atau dengan kata lain kita membutuhkan USD 0,49 untuk setiap 1GB. Sementara Dropbox dan Google Drive masing-masing memasang banderol USD 199 dan USD 59 untuk penambahan 100GB pertahun. (dhi/dew)
 
 
 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.