Sukses

iPad 5 Dikabarkan 33 Persen Lebih Ringan dari iPad 4

Adapun ketipisan kaca hanya 0,2 mm dan satu bar lampu LED untuk backlight atau cahaya latar. Bezel di sekeliling layar juga akan diperkecil.

Apple dikabarkan akan segera merilis tablet terbaru iPad 5 di musim panas mendatang. Adapun keunggulan desain iPad 5 adalah lebih ringan 33 persen dibanding iPad 4 yang dirilis September 2012 lalu.

Rumor tentang kehadiran iPad terbaru yang lebih ringan ini diberitakan oleh media Taiwan, DigiTimes, yang Liputan6.com kutip Selasa (21/5/2013) dari sumber distribusi di Taiwan. DigiTimes juga melansir kalau iPad 5 akan mulai diproduksi secara massal mulai Juli 2013.

iPad terbaru disebut tetap akan menghadirkan layar Retina Display dengan resolusi 2048x1536 piksel. Adapun ketipisan kaca hanya 0,2 mm dan satu bar lampu LED untuk backlight atau cahaya latar. Bezel di sekeliling layar juga akan diperkecil.

Sebagai perbandingan, iPad akan menggunakan kaca 0,25 mm, dua bar lampu LED dan bezel yang luas.

Adapun solusi layar sentuh yang digunakan adalah GF2, yang terdiri dari satu lapis kaca dan dua lapis film ITO. Di iPad 4 Apple masih menggunakan G/G bonding.

Saat produksi dimulai, maka Apple bisa memasarkan 2 hingga 3 juta unit di bulan September. Apple akan menggunakan bermacam manufaktur, seperti LG, Samsung, dan Sharp, sehingga tidak akan kekurangan suplai.
 
Apple disebut telah menunjuk Taiwan Surface Mounting Technology menggantikan SMK untuk produksi bar lampu LED. Sedangkan Radiant-Opto Electronics dan Coretronic akan memproduksi unit backlight. Adapun TPK Holding akan memproduksi touch panel bonding. (gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.