Sukses

Asus Zenbook Prime UX31A, Laptop Touchscreen Tipis nan Bertenaga

Tak hanya sistem operasi Windows 8 yang mengoptimalkan layar sentuh, Zenbook Prime UX31A Touch pun dilengkapi spesifikasi kelas wahid.

Asus telah memperkenalkan Zenbook sejak Oktober 2011 lalu. Tapi hingga kini ultrabook itu masih menjadi andalan Asus di pasar notebook/laptop. Dengan mengandalkan desain supertipis nan elegan, Asus memposisikan Zenbook untuk bersaing dengan MacBook Air dan MacBook Pro yang jadi andalan Apple.

Kehadiran Windows 8 yang mengoptimalisasi fungsi layar sentuh pun dimanfaatkan Asus untuk mengembangkan Zenbook. Sejumlah produk Zenbook terbaru dengan fitur layar sentuh terus diperkenalkan, salah satunya Zenbook Prime UX31A Touch. Tentu saja Windows 8 juga menjadi salah satu keunggulan untuk menjalankan laptop ini.

Tak hanya sistem operasi, Zenbook Prime UX31A Touch pun dilengkapi spesifikasi kelas wahid. Untuk dapur pacu, Asus membenamkan prosesor generasi ketiga Intel, dengan arsitektur Ivy Bridge. Media penyimpanan pun menggunakan teknologi Solid State Drive atau SSD, serta memori 4 GB.

Dapur uji Liputan6.com sempat kedatangan Zenbook Prime UX31A. Berikut paparan tinjauannya.

Desain

Zenbook Prime UX31A Touch hadir dengan desain layaknya produk Zenbook lain. Asus masih menghadirkan perangkat tipis dengan balutan material aluminium. Di bagian atasnya masih terlihat tekstur lingkaran yang konsentris, yang teksturnya terlihat menonjol secara halus di bahan metal. Bentuk konsentris itu memang serupa percikan air, yang mewakili filosofi desain zen ala Asus: perpaduan teknologi dan kontemplasi seni.

Untuk bahan, perusahaan asal Taiwan ini menggunakan metal untuk menghasilkan body monoshell yang tangguh. Di situsnya, Asus menjelaskan bahwa aluminium dipilih karena ringan namun tetap kokoh, tahan panas, mampu meredam guncangan, serta tetap terlihat elegan.



Laptop 13,3 inci ini memiliki ketipisan yang hanya 3 mm di bagian depan dan 9 mm di bagian belakang. Bobotnya pun enteng, hanya 1,4 kg. Tapi sepintas, desainnya memang terlihat seperti MacBook Air. Begitu pula saat clamshell dibuka, keyboard backlit yang digunakan memang mengingatkan akan laptop besutan Apple itu.



Di sisi kiri terlihat lubang untuk charging/tenaga, port USB 3.0, micro HDMI, dan port mini VGA. Sedangkan di sebelah kanan terdapat port USB 3.0, lubang jack audio, serta SD card reader.

Sirkulasi udara diletakkan di bawah, namun tetap terasa lancar dalam mengalirkan hawa panas. Sedangkan untuk speaker, Asus menyematkannya di antara layar dan keyboard, sekaligus sebagai 'engsel'.

Layar

Asus menghadirkan gambar dengan kualitas FUll HD di Zenbook berlayar 13,3 inci ini. Tentu ini menghadirkan kualitas gambar tajam, dengan resolusi 1920x1080 piksel. Ini menjadikan UX31A Touch jadi perangkat yang cocok untuk digunakan melihat konten video dan foto.

Adapun layar yang disematkan juga disertai teknologi IPS. Tentu ini menjadikannya tahan terhadap goresan. Asus juga melengkapinya dengan tingkat kecerahan 350 nits, yang membuat mata nyaman.

Sayangnya layar yang digunakan masih meninggalkan jejak-jejak sentuh tangan. Tentu ini dirasa masih sangat mengganggu, dan akan terlihat bercak tangan saat layar dalam keadaan gelap.

Keyboard dan Touchpad

Asus tampak cermat dengan menghadirkan presisi yang apik pada keyboard UX31A Touch ini. Pengguna pun dapat mengetik dengan nyaman tanpa ada gangguan mengetik dua tuts di satu jari.

Keyboard yang terdiri dari enam baris tuts dengan model chiclet ini dilengkapi dengan backlit. Sehingga keyboard akan menyala, dan pengguna bisa menggunakan dalam keadaan gelap.



Untuk touchpad, Asus mengaku merancangnya lebih besar dari laptop lain. Ini dilakukan untuk gerak yang lebih intuitif. Selain itu navigasi pun didesain sesuai dengan proporsi 16:9 yang digunakan pada layar.

Touchpad juga diletakkan dengan menyisakan palm rest yang cukup lebar. Sayangnya tombol klik tidak begitu sensitif. Saat ingin mengklik, pengguna harus mengambil sudut terjauh agar bisa men-tap lebih dalam.
 
Konektivitas

Asus menyematkan dua port USB 3.0. Dengan teknologi ini, maka transfer data bisa dilakukan dengan cepat. Solid State Drive yang digunakan juga membantu untuk meningkatkan transfer data. Dua port USB 3.0 ini diletakkan secara berseberangan, di sisi kiri dan kanan. Tentu ini memudahkan Anda jika ingin menggunakan keduanya, sehingga tak harus berdempetan.

Asus juga menempatkan 1 micro HDMI yang mendukung tampilan HD 1080 piksel. Selain itu ada juga port mini VGA. Dua port ini bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan laptop ini dengan TV dan perangkat lain. Asus juga menyertakan aksesori penghubung mini VGA dengan VGA.

Jika ingin menggunakan konektivitas LAN atau Ethernet, pengguna bisa menggunakan aksesori yang disertakan. LAN atau Ethernet ini akan terhubung dengan port USB 3.0. Selain itu, transfer data juga bisa dilakukan melalui Bluetooth 4.0.

Performa

Zenbook Prime merupakan salah satu unggulan di kategori ultrabook yang diperkenalkan Intel. Karena itu Intel pun menyediakan prosesor terbaik Core i7 3517U untuk laptop ini. Clocking CPU ini mencapai 1,9 GHz. Untuk grafis, disematkan Intel HD Graphics 4000. Sedangkan memori yang digunakan DDR3 4GB. Adapun kapasitas penyimpanan adalah SATA III SSD 256GB.

Spesifikasi ini menjadikan laptop ini sangat mendukung untuk aktivitas bisnis, dengan kinerja yang berjalan cepat. Konten video dan foto, juga streaming video dapat berjalan dengan lancar dan halus. Selain itu, dengan SSD proses boot-up pun berjalan cepat dalam hitungan detik.

Dalam uji benchmark menggunakan software PC Mark 7, Zenbook ini tercatat mendapat nilai 4650. Angka ini terbilang tinggi di antara laptop di kelasnya. Sedangkan dalam penilaian Windows Performance Index, XPS 12 mencatat skor 5,6 dari nilai maksimal 9,9. Adapun rincian berdasarkan WPI itu adalah prosesor 7,2, RAM 5,9, Grafis 5,6, Grafis gaming 6,4, dan hard disk primer 7,6. Hasil memperlihatkan keunggulan di grafis dan kekuatan Core i7.

Untuk daya tahan baterai, Zenbook Prime UX31A Touch ini dilengkapi dengan baterai 50 watt. Daya ini cukup untuk penggunaan hingga 7 jam. Selain itu, Asus juga melengkapi Zenbook ini dengan audio Bang & Olufsen ICEpower SonicMaster untuk fitur hiburan.

Harga: Asus membanderol seharga Rp 16,29 juta, namun dinamis tergantung harga tukar rupiah. Secara internasional dibanderol seharga US$ 1599.

Spesifikasi


Layar: 13,3 inci FHD IPS(1920 x 1080) with multi-touch screen | 350 nits
Prosesor: Intel Core i7-3517U, 1,9 GHz
Storage: 256 GB SSD
VGA: Integrated Intel HD graphics 4000 (onboard)
RAM: 4 GB DDR3
Konektivitas: 802.11n wireless network adapter, Bluetooth v4.0, No Optical Drive, USB 3.0, mini VGA, micro HDMI
Media: Integrated Webcam 720p | Layar Full HD 1920x1080 piksel, Bang & Olufsen ICEpower SonicMaster, Audio jack 3,5mm
Baterai: 50W (7+hrs)

(gal/*)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini