Sukses

Ponsel Android Bisa Hack Sistem Transportasi Umum di Belanda

Hacking menggunakan perangkat Android itu berkat aplikasi yang bisa memecahkan kunci di kartu RFID yang dipakai pada smartcard.

Platform mobile yang kini beredar di pasaran memiliki berbagai fitur yang canggih. Bahkan, kabar terbaru menyebutkan bahwa perangkat berbasis Android bisa dipakai membajak pesawat.

Informasi yang baru diungkap pada bulan April lalu itu memang terkesan mengada-ada. Namun, ternyata hal itu memang benar sudah bisa terjadi.

Buktinya, seperti dilansir Ubergizmo, Jumat (7/6/2013), sebuah laporan menyatakan bahwa sistem transportasi publik di Belanda bisa diretas menggunakan smarpthone Android.

Hacking menggunakan perangkat Android itu bisa dilakukan berkat beberapa aplikasi yang bisa memecahkan kunci di kartu RFID yang dipakai pada smartcard. Saat ini transportasi publik di Negeri Kincir Angin itu memanfaatkan smartcard sebagai alat pembayaran.

Laporan yang diungkap oleh situs asl Belanda, NOS.nl menyebutkan setidaknya ada dua aplikasi gratis yang memungkinkan para peretas untuk memasukkan saldo ke dalam kartu pembayarannya. Akibatnya, mereka bisa melakukan perjalanan dengan transportasi umum tanpa perlu membayar satu sen pun.

Tak banyak detil yang mengungkap adanya kecurangan dalam transportasi umum Belanda itu. Namun, chip yang ada di dalam kartu diprediksi sebagai salah satu penyebab kerentanan yang ada kartunya.

Trans Link sebagai pembuat kartu telah melakukan perubahan terhadap kartu dan keamanan di dalamnya. Akan tetapi, ternyata di pasaran sudah ada buku yang menjelaskan cara melakukan hack pada kartu tersebut yang sebenarnya bersumber dari tutorial online. (den/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.