Sukses

Nintendo Tak Tertarik Hadirkan Super Mario dkk ke Smartphone

Nintendo mengungkap rencananya untuk tak beralih ke platform untuk smartphone atau tablet. Ini berbeda dengan strategi yang dilakukan Sega.

Nintendo merupakan salah satu perusahaan game populer yang memiliki ciri khas tersendiri. Ini terlihat dari karakter game yang muncul di platform Nintendo. Misalnya saja Super Mario, Donkey Kong, atau Link dan Zelda.

Sepertinya ciri khas itu akan dipertahankan Nintendo, termasuk untuk soal platform. Karena itu, dilansir dari laman Hot Hardware, Kamis (13/6/2013), Nintendo mengungkap rencananya untuk tak beralih ke platform untuk smartphone atau tablet.

Menurut Presiden Nintendo Satoru Iwata, Nintendo masih fokus untuk pengembangan konsol Wii U dan 3DS untuk tahun ini dan tahun berikutnya. Iwata mengaku belum bisa mengatakan perubahan apa yang bisa terjadi dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Tapi dalam 20 tahun terakhir, keputusan Nintendo untuk tak pindah ke platform lain dinilai tepat.

"Kita bisa melihat keputusan untuk tidak menghadirkan game Nintendo ke smartphone dan berpikir itulah alasan perusahaan kami masih berdiri," ucapnya.

Di ajang Electronic Entertainment Expo yang masih berlangsung di Los Angeles Convention Center, Nintendo bahkan mengungkap sejumlah game yang akan dirilis. Beragam karakter klasik yang menjadi ciri khas Nintendo pun kembali menjadi pemeran utama.

Misalnya saja, Super Mario akan kembali ngebut di MarioKart 8. Sedangkan Donkey Kong akan hadir di game Donkey Kong Country Returns: Tropical Freeze. Adapun Link dan Zelda akan hadir di The Legend of Zelda: The Wind Waker. Game besutan Nintendo itu akan hadir dalam grafis berkualitas tinggi.
 
Strategi Nintendo ini memang berbeda dengan strategi pesaingnya di masa lalu, Sega. Saat ini Sega dianggap terpuruk dan tak lagi merilis konsol game terbaru. Dreamcast menjadi konsol terakhir yang dirilis Sega pada 1999 silam.

Karena itu Sega pun kemudian beralih platform ke perangkat mobile. Dengan demikian, karakter seperti Sonic dan Knuckle pun hadir di smartphone berbasis Android dan Apple iPhone. (gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.