Sukses

Halau Software Bajakan, Microsoft Adakan Kampanye `Keep It Real`

Microsoft juga berupaya untuk menggalakkan penggunaan software asli Windows sebagai solusi terbaik pengguna komputer.

Berdasarkan studi, Business Software Alliance dan International Data Corporation mengungkap jika tingkat pembajakan perangkat lunak (software) di Indonesia pada tahun 2011 mencapai 86 persen atau setara dengan Rp 1,2 triliun. Hal inilah yang menjadi perhatian Microsoft untuk meminimalisir kerugian yang dihadapi konsumen akibat menggunakan software bajakan.

Melalui kampanye yang bertajuk "Keep It Real" Microsoft bertujuan untuk menyadarkan masyarakat mengenai bahaya penggunaan software bajakan. Selain itu Microsoft juga berupaya untuk menggalakkan penggunaan software asli Windows sebagai solusi terbaik pengguna komputer.

"Kampanye ini diadakan di 7 kota di seluruh Indonesia, antara lain Jakarta, Medan, bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar selama bulan Mei sampai Juni 2013," ujar Willy Hendrajudo selaku Central Marketing Organization Lead Microsoft Indonesia di sela diskusi media mengenai Kampanye Keep It Real di area Balai Sidang Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Di tujuh lokasi tersebut, Microsoft memilih pusat perbelanjaan dan lokasi pameran IT dengan membidik profesional muda dan orang tua yang kerap berinteraksi menggunakan komputer. Dalam skala lebih luas Microsoft juga membidik pelajar dan mahasiswa yang juga banyak menggunakan komputer dalam keseharian.

Berikut enam hal yang harus diperhatikan pengguna komputer saat akan membeli komputer baru atau bekas sehingga bisa terhindar dari aksi pembajakan.

1. Certificate of Authenticity (CoA) merupakan stiker atau label yang ditempel di body perangkat komputer atau laptop untuk prodduk Windows atau Windows Server.

2. Label Kunci Produk untuk memeriksa label putih atau oranye yang berisi 25 karakter kunci produk yang disertai instalasi CD/DVD.

3. Fitur hologram pengaman yang memastikan keaslian produk yang terpasang di dalam disk biasanya berupa stiker.

4. Detail kemasan berupa kesalahan penyejaan, teks blur, kualitas cetak buruk atau foto/logo yang berbeda dengan versi asli.

5. Label keaslian Microsoft yang merupakan pertanda untuk lisensi yang meliputi segel dan terlihat setelah label dilepas.

6. Tinta gradasi warna pada label yang didesain untuk merubah watu warna menjadi warna lain ketika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Jadi, pastikan Anda terhindar dari tindak pembajakan sehingga keamanan data pun bisa tetap terjaga. "Mengingat 80 persen dari pengguna software Windows di Indonesia masih mengadopsi versi bajakan," tambah Willy. (vin/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini