Sukses

Tren Layar Smartphone 2014: Pakai Resolusi 1600 Piksel

Meskipun baru di layar berukuran besar, para pengamat berharap tren tampilan tersebut meluas dengan cepat ke perangkat berukuran lainnya.

Perangkat mobile saat ini sudah banyak yang mengadopsi layar dengan resolusi 1080 piksel. Resolusi yang juga dikenal dengan nama Full HD itu sebenarnya menghadirkan gambar berkualitas tajam. Namun, tahun depan resolusi yang ada di ponsel pintar diprediksi akan meningkat drastis.

Resolusi baru itu diprediksi akan berkualitas 1600 x 2560 piksel. Bagi kalangan penggiat teknologi mungkin sudah tak aneh dengan resolusi layar tinggi itu, yang juga dikenal dengan sebutan WQXGA.

Kualitas tampilan baru itu akan muncul pertama kali di perangkat mobile hibrid ponsel dan tablet alias phablet berukuran 6 inci. Meskipun baru di layar berukuran besar, para pengamat berharap tren tampilan tersebut meluas dengan cepat ke perangkat berukuran lainnya, tentunya yang ukuran layar lebih kecil.

Bila prediksi seputar tren perangkat komunikasi itu benar, maka kemungkinan di tahun depan resolusi layar di perangkat smartphone bakalan lebih lebih baik dari iPad yang menggunakan Retina Display, tablet besutan Apple.

Menurut Phone Arena yang Liputan6.com kutip, Selasa (18/6/2013), dengan resolusi 1600x2560 piksel layar ponsel akan mampu memberikan tingkat kerapatan lebih dari 500 piksel per inci. Alhasil, teks yang muncul bakalan lebih jernih dan gambar akan terlihat lebih tajam.

Layar dengan resolusi 1600 x 2560 piksel pertama kali terdengar pada tahun 2011. Saat itu, Toshiba mengumumkan keberhasilannya melahirkan layar LCD dengan kerapatan piksel tertinggi di dunia. Setelah itu, Japan Display dan Sharp juga memperkenalkan layar beresolusi 1600 piksel.

Ingin tahu seperti apa tampilan layar 1600p? Berikut ini adalah video demonstrasi tampilan 1600p di layar 6 inci. (den/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini