Sukses

BlackBerry Messenger Kembali Alami Gangguan

Pengguna sulit mengirim pesan melalui BBM. Saat akan mengirim pesan, maka akan tertulis tanda silang.

Jaringan BlackBerry kembali bermasalah. Gangguan komunikasi pun sulit dilakukan melalui BlackBerry Messenger. Tak hanya itu, akses internet melalui perangkat BlackBerry juga mengalami gangguan.

Pengguna sulit mengirim pesan melalui BBM. Saat akan mengirim pesan, maka akan tertulis tanda silang. Akses internet via perangkat BlackBerry pun tak bisa dilakukan.

Keluhan pengguna BlackBerry pun marak disampaikan di jejaring sosial Twitter. Sejumlah operator seluler kemudian menyampaikan adanya gangguan pada browsing dan BBM di akun Twitter miliknya. Misalnya yang disampaikan akun @XLCare.

"saat ini pihak RIM menginfokan sdg tjadi incident yg mnybabkan kendala pd browsing&aplikasi social media khusus pengguna BB. Termakasih," tulis akun @XLCare.

Hal yang sama pun ditulis akun @ask_AXIS, yang dikelola operator seluler AXIS.

"Temans, maaf ya apabila BBM, browsing, dan akses social media-mu dari Blackberry berkendala #AXISupdate," tulis @ask_AXIS.

BlackBerry memang belum memberikan konfirmasi mengenai penyebab gangguan. Tapi menurut Deputi CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim, gangguan terjadi sekitar satu jam lalu.

"Dari tim teknikal kami kemungkinan mulai gangguannya sekitar sekitar 1 jam lalu. Belum tahu kalau areanya, mungkin wilayah di bawah server Hongkong dan Singapore," kata Djoko Tata saat dihubungi Liputan6.com siang ini, Rabu (3/7/2013).

Djoko mengaku juga belum dapat konfirmasi dari BlackBerry. "Biasanya memang nggak ada konfirmasi kalau ada gangguan," ucap Djoko. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.