Sukses

Penjualan iPhone Cetak Rekor, Apple Tetap Sulit Raih Untung

Masih sulitnya Apple meraup keuntungan besar tampaknya karena dipengaruhi oleh mulai gagalnya sejumlah produk mereka di pasaran.

Apple baru saja mengumumkan laporan keuangannya untuk periode kuartal ketiga tahun 2013. Dalam laporan keuangan tersebut diumumkan bahwa penjualan iPhone telah mencatatkan sebuah rekor baru.

Sebelumnya, banyak pengamat industri yang memprediksikan pada kuartal ketiga tahun ini handset iPhone hanya akan laku terjual sekitar 26 - 28 juta unit di pasaran. Namun, kini nyatanya Apple menkonfirmasi bahwa mereka telah berhasil menjual sebanyak 31,2 juta perangkat iPhone. Angka ini sendiri menjadi rekor baru dan mengalami peningkatan sebesar 20 persen dibandingkan tahun lalu.

Dilansir laman The Next Web, Rabu (24/7/2013), melonjaknya angka penjualan handset iPhone disinyalir menjadi faktor utama keuntungan yang berhasil diraih Apple. Meski demikian, pendapatan kotor Apple yang mencapai US$ 35,3 miliar masih belum mampu mengangkat keuntungan bersih Apple yang dikabarkan justru menurun 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Masih sulitnya Apple untuk meraup keuntungan besar tersebut tampaknya karena dipengaruhi oleh mulai gagalnya sejumlah produk mereka di pasaran.

Sebagai contoh, penjualan perangkat iPad di kuartal ketiga tahun ini mengalami penurunan sebesar 14,1 persen dibandingkan tahun lalu. Dari 17 juta unit di tahun lalu, menjadi 14,6 juta di kuartal ketiga tahun ini.

Nasib yang sama pun dialami produk komputer desktop iMac. Produk iMac hanya terjual 3,8 juta unit, sedikit lebih buruk dibandingkan tahun kemarin yang mencapai 4 juta unit. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.