Sukses

Amazon Siapkan Kindle Fire HD Baru dengan Chip Snapdragon 800

Sepertinya Amazon menyiapkan Kindle Fire HD ini untuk bersaing dengan Nexus 7 terbaru besutan Google dan Asus.

Amazon dikabarkan sedang mempersiapkan tiga tablet Kindle Fire terbaru untuk dirilis tahun ini. Adapun ketiga produk itu adalah Kindle Fire untukkelas pemula, Kindle Fire HD 7 inci, dan Kindle Fire 8,9 inci. Ketiganya akan mendapatkan sejumlah perbaikan dari sisi spesifikasi yang dibenamkan, dan perbaikan signifikan akan terlihat pada dua seri Kindle Fire HD.

Dilansir dari laman Techradar, Rabu (31/7/2013), untuk Kindle Fire kelas pemula akan mendapatkan perbaikan pada resolusi layarnya, yang kini menjadi 1280 x 800 piksel. Sebelumnya, resolusi yang digunakan hanya 1024 x 600 piksel.

Perbaikan menarik, sepertinya dibenamkan Amazon pada dua Kindle Fire HD. Kali ini Amazon akan menghadirkan tablet 7 inci unggulannya dengan resolusi 1920 x 1200 piksel. Tak hanya menampilkan desain terbaru, Kindle Fire HD 7 Inci juga akan dilengkapi dengan spesifikasi terbaik.

Di antaranya adalah prosesor quadcore Snapdragon 800 SoC dari Qualcomm dengan CPU Krait 400. Untuk melengkapi kinerja, Amazon juga membenamkan grafis Adreno 330 dan RAM 2 GB. Tablet ini akan tersedia dengan pilihan kapasitas penyimpanan 8 GB, 16 GB, dan 32 GB.

Sepertinya Amazon menyiapkan Kindle Fire HD ini untuk bersaing dengan Nexus 7 terbaru besutan Google dan Asus. Sebagai perbandingan, Nexus 7 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon S4 Pro Soc 1,5 GHz dengan CPU Krait dan grafis Adreno 320.

Sedangkan untuk Kindle Fire 8,9 inci, resolusi hadir dengan lebih tajam, yaitu 2560 x 1600 piksel. Tablet ini juga akan dilengkapi dengan Snapdragon 800 dan RAM 2 GB. Malahan sumber di BGR menyebut kalau tablet ini akan dilengkapi kamera depan 8 MP.

Kedua tablet Kindle Fire dengan resolusi HD ini akan menjalankan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean, tapi dengan sentuhan khusus Amazon. Konten khas Amazon berupa ebook dan film juga menjadi salah satu daya tarik untuk memikat calon pembeli.

Kemungkinan Amazon akan merilisnya bulan September mendatang. Tentu ini dilakukan agar Kindle Fire bisa dipasarkan sebagai hadiah di Hari Natal dan Tahun Baru.

Sayangnya hingga saat ini Amazon enggan memberikan konfirmasi. Jadi sepertinya kepastian seri Kindle Fire baru ini akan terungkap saat Amazon mengumumkannya secara resmi. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.