Sukses

Pangsa Pasar Windows Phone Capai 8,2% di Eropa

Lembaga analis, Kantar Worldpanel ComTech melansir Windows Phone berhasil mencapai peningkatan di lima negara penting di Eropa.

Pesimisme pasar dengan kehadiran sistem operasi Windows Phone secara perlahan mulai terjawab. Microsoft menunjukkan keseriusannya dengan menggandeng sejumlah vendor dan menghadirkan beragam aplikasi pendukung.

Hasilnya, kini sistem operasi Windows Phone sudah mencapai pangsa pasar tertinggi di Eropa. Dalam waktu tiga bulan terakhir sistem operasi besutan Microsot ini berhasil menyentuh pangsa pasar 8,2 persen.

Lembaga analis, Kantar Worldpanel ComTech melansir Windows Phone berhasil mencapai peningkatan di lima negara penting di Eropa. Hal ini memposisikan Windows Phone sebagai salah satu pemain penting untuk segmen ponsel pintar.

"Untuk pertama kalinya Windows Phone berhasil menjadi nomor tiga setelah Android dan iOS yang masih mendominasi pasar ponsel pintar di Inggris, Perancis, Jerman, dan Spanyol," ungkap Dominic Sunnebo, Strategic Insight Kantar Worldpane ComTech seperti dilansir laman WMPower User, Selasa (3/9/2013).

Kehadiran Nokia Lumia 520 secara tidak langsung mampu mendongkrak popularitas Windows Phone. Bahkan handset Windows Phone murah besutan Nokia ini masuk dalam 10 besar ponsel terlaris di beberapa negara di Eropa.

Sepanjang bulan Juni dan Juli, Windows Phone mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 5,9 persen di Jerman, 0,6 persen di Inggris, 2 persen di Perancis, 0,4 persen di Spanyol dan total 1,1 persen di negara-negara Eropa. Sementara di Italia, penjualan perangkat Windows Phone realtif statis di angka 7,8 persen.

Peningkatan penjualan Windows Phone tidak terlepas dari migrasi pengguna Apple dan Android yang mengganti handset mereka. Setidaknya ada 27 persen pengguna baru yang sebelumnya menggunakan smartphone Android atau iPhone.

Migrasi pengguna ponsel fitur ke Windows Phone juga relatif tinggi. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir 42 persen pengguna ponsel fitur kini beralih dan telah mengadopsi smartphone berbasis Windows Phone. (vin/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.