Sukses

Sony Tunda Luncurkan PlayStation 4 di Jepang Hingga Februari 2014

Sony biasanya mendahului pasar Jepang, dan memilih untuk melakukan peluncuran perdana di Jepang terlebih dulu.

Sony secara mengejutkan menunda peluncuran konsol generasi terbaru PlayStation 4 di negara asalnya, Jepang. Peluncuran PS4 di Jepang akan dilakukan mulai Februari 2014. Ini berarti gamer di Jepang akan terlambat tiga bulan setelah peluncuran perdananya di Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Wall Street Journal, Selasa (10/9/2013), peluncuran di Jepang akan dilakukan pada 22 Februari 2014. Tanggal ini dipilih sekaligus untuk memperingati kiprah Sony di industri game yang lebih dari 20 tahun.

Peluncuran PS4 juga berbeda dengan konsol PlayStation sebelumnya. Sebab Sony biasanya mendahului pasar Jepang, dan memilih untuk melakukan peluncuran perdana di Jepang terlebih dulu. Untuk kawasan lain bahkan biasa menunggu hingga setahun ke depan. Ikuti sejarahnya dalam tautan ini.

Lalu apa alasannya? Menurut Sony, ini dilakukan untuk menunggu ketersediaan sejumlah game PS4 yang dianggap lebih cocok untuk pasar Jepang.

Ada kemungkinan keputusan ini juga disebabkan turunnya penjualan PlayStation di Jepang. Sebagai gambaran, PlayStation generasi pertama berhasil menguasai 18,6 persen dari penjualan global. Tapi angka ini turun di PS2 yang hanya terjual 14,7 persen dari penjualan global. Malahan di PS3 angka ini kembali menurun dan hanya menguasai 11,9 persen dari penjualan secara global.

Sedangkan peluncuran PS4 untuk kawasan Amerika Serikat tak mengalami perubahan. Sony tetap memilih 15 November 2013 sebagai waktu peluncuran PS4 untuk pasar Amerika Utara. Untuk wilayah Eropa dan Australia akan dilakukan pada 29 November 2013. (gal)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini