Sukses

Saingi Siri, Microsoft Kembangkan Asisten Pribadi Cortana

Contana memungkinkan pengguna berinteraksi secara alami menggunakan perintah suara, layaknya berinteraksi dengan asisten sungguhan.

Persaingan perangkat pintar dan teknologi yang disematkan di dalamnya bukan hanya terbatas pada kehadiran spesifikasi gahar. Fitur navigasi suara atau kerap dikenal dengan asisten digital kini sudah banyak dimasukkan dalam sebuah smartphone.

Jika iPhone sudah memiliki Siri dan Google Now pada Moto X, Microsoft berencana merilis asisten digital serupa untuk perangkat besutannya. Teknologi asisten digital yang dinamakan Cortana ini rencananya memiliki kemampuan yang lebih baik dari dua pesaingnya.

Karakter tiruan bernama Cortana merupakan teknologi yang memiliki kemampuan belajar, beradaptasi, dan mengandalkan mesin-belajar yang ditenagai mesin pencari Bing. Contana juga bukan sekedar aplikasi biasa yang memungkinkan interaksi antara perangkat dengan pemilik.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari laman ZDNet, Jumat (13/9/2013), lebih dari itu Contana memungkinkan pengguna berinteraksi secara alami menggunakan perintah suara, layaknya berinteraksi dengan asisten sungguhan. Micorosoft berencana menghadirkan Contana pada perangkat Windows Phone, Windows dan Xbox One.

CEO Microsoft Steve Ballmer sempat membocorkan rencana perusahaan dalam mengembangkan sebuah teknologi yang mampu dipersonalisasi namun bisa sesuai berjalan dengan jauh lebih alami. Ballmer menyebut jika Contana mampu merespon dengan lebih baik dan memenuhi permintaan pengguna bahkan sebelum ia memintanya.

Pada Juni lalu, Contana sempat terlihat dalam Nokia Lumia 920 yang dikembangkan dengan sistem operasi Windows Phone 8.1. Hingga kini aplikasi yang dibangun dengan kode nama 'zContanaApp' mengindikasikan sedang dalam proses pengembangan lebih lanjut. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini