Sukses

Mobil Nissan Tanpa Supir Mulai Diujicoba di Jalan Raya

Saat ini Nissan sudah mendapat izin resmi untuk mulai mengujicoba teknologi mobil tanpa supir milik mereka di Jepang.

Mobil tanpa supir memang belum ada dijual di pasaran. Namun teknologi mobil ini kelak akan menjadi kenyataan. Sejumlah vendor mobil sudah mengembangkan dan bahlan mengujicoba teknologi mobil otonom tersebut.

Menurut yang dilansir laman Wired, Jumat (27/9/2013), saat ini Nissan sudah mendapat izin resmi untuk mulai mengujicoba teknologi mobil tanpa supir milik mereka di Jepang.

Pemerintah Jepang telah mengeluarkan ijin lisensi untuk mobil tanpa supir itu, lengkap dengan plat nomor dengan angka "20-20" yang menandakan bahwa Nissan akan menawarkan fitur mobil otonom ini pada tahun 2020.

"Ini adalah plat biasa untuk kendaraan yang luar biasa," kata Presiden dan CEO Nissan Carlos Ghosn dalam pengumuman resminya.

Mobil yang sudah mendapatkan ijin untuk diujicoba adalah mobil listrik Nissan Leaf. Beberapa fitur otomatis seperti pindah jalur, keluar dari jalan tol, kemampuan untuk menyalip kendaraan yang lambat atau berhenti ketika ada lampu merah, akan mulai diujicoba di jalan raya di Jepang. Semua fungsi itu nantinya bisa dilakukan secara otomatis.

"Pengujian teknologi ini sangat penting untuk mempertahankan posisi kepemimpinan kami dan kami berterima kasih kepada Pemerintah Jepang atas dukungannya," ujar Carlos lagi.

Mobil tersebut kabarnya juga punya kemampuan untuk mencari parkir sendiri lho. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini