Sukses

Apple Akuisisi Produsen Aplikasi Pesaing Google Now

Apple kabarnya telah merogoh kocek sebesar US$ 40 juta untuk bisa memiliki startup tersebut.

Google belakangan dinilai telah berhasil mengungguli Apple. Keberadaan aplikasi asisten pribadi Google Now disinyalir membuat produsen sistem operasi Android itu selangkah lebih maju dibanding Apple.

Namun anggapan itu tampaknya akan segera sirna. Sebab, Apple dilaporkan baru saja mengakuisisi sebuah perusahaan penghasil aplikasi asisten pribadi bernama Cue.

Menurut yang dilansir laman Techcrunch, Senin (7/10/2013), Apple kabarnya telah merogoh kocek sebesar US$ 40 juta untuk bisa memiliki startup yang sudah beroperasi sejak tahun 2011 silam tersebut. Namun, sejumlah informasi lain juga menyebutkan bahwa Apple meminang Cue dengan mahar sebesar US$ 60 juta.

Untuk mendapatkan Cue, Apple pun kabarnya harus bersaing dengan sejumlah perusahaan besar lainnya, salah satunya adalah Dropbox.

Meski begitu, hingga kini memang belum ada pernyataan resmi yang dirilis oleh pihak Apple maupun Cue. Hanya saja, situs resmi layanan Cue telah berhenti beroperasi sejak Kamis (3/10/2013) kemarin.

Layaknya Google Now, Cue yang sebelumnya bernama Greplin adalah sebuah aplikasi yang mampu mengumpulkan berbagai data sosial dari sejumlah layanan seperti Gmail, LinkedIn, Facebook, Twitter, Dropbox dan masih banyak lagi. Berbekal data tersebut, aplikasi Cue akan memberikan layanan pengaturan jadwal dan informasi secara real time layaknya seorang asisten pribadi.

Apple diprediksi bakal mengintegrasikan Cue dengan fitur navigasi berbasis suara andalan mereka, Siri. Aplikasi asisten pribadi ini nampaknya akan segera dimunculkan di menu notifikasi pada update sistem operasi iOS 7.0.3, atau paling lambat di iOS 8 tahun depan. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.