Sukses

`Android Lebih Aman Dibanding iPhone`

"Android adalah platform perangkat mobile teraman, bahkan lebih aman dibandingkan dengan iPhone besutan Apple yang mengoperasikan iOS."

Bos Google Eric Schmidt tampak mulai gerah dengan banyaknya pemberitaan yang menyebutkan bahwa perangkat bersistem operasi Android sangat rentan terinfeksi malware dan virus. Baru-baru ini ia pun dengan tegas menyatakan bahwa sebenarnya Android adalah platform perangkat mobile teraman, bahkan lebih aman bila dibandingkan dengan iPhone besutan Apple yang mengoperasikan iOS.

Pada sesi talk show di acara Gartner Symposium/ITxpo yang berlangsung , Schimdt mendapat sebuah pertanyaan dari seorang analis bernama David Wills. Wilss menanyakan seputar maraknya isu yang menyebutkan bahwa Android memiliki tingkat keamanan yang sangat lemah.

Dengan optimis Schmidt menjawab, "Android tidak aman? Itu salah, Android jauh lebih aman dibanding iPhone". Sontak jawaban Schimdt itupun mengundang gelak tawa penonton yang hadir.  Demikian yang dilansir laman ZDNet, Selasa (8/10/2013),

Schmidt memang tak menjelaskan secara rinci di sisi mana keamanan Android lebih unggul dibanding iPhone. Namun, pria kelahiran Washington 58 tahun lalu itu meyakini bahwa dengan banyaknya jumlah pengguna yang mengaktivasi sistem operasi Android, maka secara tidak langsung sistem operasi tersebut telah dipercaya memiliki tingkat keamanan yang layak.

Pernyataan Schmidt ini jelas bertentangan dengan sejumlah fakta yang belakangan telah terungkap. Bahkan, Kementerian Pertahanan Dalam Negeri Amerika Serikat dan Biro Investigasi Federal (FBI) beberapa waktu lalu telah membuktikan bahwa dari seluruh sistem operasi mobile yang beredar di tahun 2012 kemarin, potensi ancaman malware bagi platform Android mencapai 79 persen.

Sebagai perbandingan, sebanyak 19 persen potensi serangan malware mengincar sistem operasi Symbian milik Nokia. Sedangkan 1 persen sisanya terbagi untuk iOS, Windows Phone, dan BlackBerry OS. (dhi/dew)


Baca juga:

6 Tips Mengamankan Perangkat Android dari Virus
6 Antivirus Gratis Untuk Lindungi Keamanan PC Anda
6 Tips Aman Berbelanja di Toko Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini